UPTD TPA Sumur Batu Cari Tahu Asal Muasal Limbah Medis Covid-19

Wisnu Yusep, Okezone · Rabu 01 Juli 2020 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 01 338 2239684 uptd-tpa-sumur-batu-cari-tahu-asal-muasal-limbah-medis-covid-19-yiDWyx04ee.jpg Limbah APD penanganan Covid-19 yang ditemukan pemulung (foto: Okezone.com/ Wisnu)

BEKASI - Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) tempat pembuangan akhir (TPA) Sumur Batu akan menyelidiki atas temuan limbah sampah medis bekas penanganan virus corona atau Covid-19.

Termasuk, sopir yang bermain di pengangkutan limbah medis bekas penanganan virus corona itu.

"Saya akan selidiki ke wilayah-wilayah, kira-kira sopir mana yang membuang limbah medis itu yang berhubungan dengan pemborong," kata Kepala UPTD TPA Sampah Sumur Batu, Ulfa Masropah ketika ditemui di TPA Sumur Batu, Rabu (1/7/2020).

 Baca juga: Kepala UPTD Sumur Batu Benarkan Ada Limbah Medis Bekas Penanganan Covid-19 

Terlebih, klaim Ulfa, pembuangan limbah sampah medis itu bukan ke zona aktif. Zona yang tidak aktif ini, kata Ulfa, diduga digunakan oleh pemborong untuk memilah sampah

"Di sini kan bukan saja, kita yang sampah di sini, dibuang ke zona aktif. Ada zona yang tidak aktif, dipergunakan oleh pemborong untuk memilah sampah," ungkapnya.

 Baca juga: Begini Penampakan Limbah Medis Penanganan Virus Corona di TPA Sampah Bekasi 

Untuk menelisik siap pemain atas pembuangan limbah medis itu, Ulfa mengklaim, akan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup.

"Kita tidak main asal menindak sendiri, kita koordinasi dengan kadis, langkah yang kita ambil harus koordinasi," bebernya.

Meski begitu, Ulfa tidak memungkiri adanya limbah medis di TPA Sumur Batu sudah tercampur dengan sampah-sampah rumah tangga lainnya.

"Ya ada kemungkinan juga, sampah-sampah ini. Tapi teman-teman bisa lihat sendiri kondisinya. Sampah-sampah yang dihadirkan dari mobil-mobil ini tertutup. Ini sudah pilahan dari wilayah dan kita disini hanya menimbang dan nanti membukanya pas di zona pelayanan," ungkap Ulfa.

Ulfa memastikan, limbah sampah bekas penanganan medis itu hanya transit di TPA nya yang kemudian langsung diambil oleh pengepul yang memanfaatkan zona di TPA Sumur Batu.

"Kalau menurut staf saya bahwa itu hanya transit. Jadi ada sampah yang diketemukan oleh teman media, kemudian dia ambil langsung ada pengepulnya langsung. Biasanya di sini ada pabrik khusus yang mengenai limbah medis langsung," kata Ulfa.

Pengamatan Okezone di TPA Sumur Batu, sampah limbah medis itu sudah dikemas rapih oleh pemulung, yang sebelumnya telah disortir untuk didaur ulang.

Sampah-sampah bekasi medis itu, sudah dibuntal dikemas menggunakan karung dan plastik besar. Posisi sampah itu sudah siap angkut.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini