PPDB DKI Jakarta Jalur Bina RW Dibuka Hari Ini

Arie Dwi Satrio, Okezone · Sabtu 04 Juli 2020 09:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 04 338 2241050 ppdb-dki-jakarta-jalur-bina-rw-dibuka-hari-ini-aMubPJxASw.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui jalur zonasi bina Rukun Warga (RW) resmi dibuka mulai hari ini, 4 Juli dan lapor diri pada 6 Juli 2020. Jalur zonasi bina RW sekolah ini diperuntukkan bagi anak-anak yang tinggal satu RW dengan sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana mengatakan, PPDB jalur zonasi bina RW diterapkan karena tingginya minat masyarakat untuk sekolah negeri. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dinas Pendidikan DKI Jakarta juga menambahkan kuota di setiap kelas dari 36 menjadi 40.

“Seleksi usia dilakukan, jika dalam sekolah di suatu RW sudah melebih kuota, karena setiap RW penduduknya tidak sama. Jadi zonasi diperkecil dalam satu RW dengan sekolah sehingga harapannya anak-anak bisa berdekatan dan mudah menuju akses sekolah tersebut,” tutur Nahdiana.

PPDB Jakarta tahun 2020, katanya, menyasar ke seluruh lapisan masyarakat. Berdasarkan Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 ada yang berbeda dari zonasi tahun sebelumnya. Pada tahun ini, zonasi tidak lagi berdasarkan nilai ujian atau prestasi, melainkan menggunakan seleksi usia.

“Sesuai Permendikbud, PPDB dibuat lebih terbuka dan tahun ini menggunakan seleksi usia,” ujar Nahdiana.

Kemendikbud dan Dinas Pendidikan DKI Jakarta berpatokan pada daya tampung sekolah negeri yang terbatas, sehingga apapun seleksinya pasti ada yang tertinggal.

Melalui zona sekolah, tidak mungkin anak didik bisa mendaftar di sekolah yang berbeda kelurahan, karena faktor demografi dan kepadatan penduduk yang berbeda, dan daya tampung sekolah yang berbeda. Selain itu, terdapat sejumlah kelurahan yang tidak memiliki sekolah di jenjang tertentu.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini