Share

Sidang Kasus Pembunuhan Serda Saputra Terbuka untuk Umum

Riezky Maulana, iNews · Selasa 07 Juli 2020 13:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 338 2242442 sidang-kasus-pembunuhan-serda-saputra-terbuka-untuk-umum-69TMl9Akc2.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA - Odituran Militer Tinggi II, Jakarta Timur memutuskan persidangan Letda (Mar) RW tersangka pembunuh anggota Babinsa Pekojan Kodim 0503/JB, Serda Saputra akan dibuka secara umum. Serda Saputra menjadi korban pembunuhan di Hotel Mercure, Tambora, Jakarta Barat, pada Senin 22 Juni 2020.

"Perkara ini nanti persidangannya akan dibuka untuk umum, bisa diikuti," kata Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI, Mayjen Eddy Rate Muis, Selasa (7/7/2020).

 Baca juga: Tusuk Serda Saputra hingga Tewas, Letda RW Bakal Dijerat Pasal Berlapis 

Dia menuturkan, alasan sidang tersebut dibuka agar masyarakat umum bisa turut dapat memantau fakta-fakta yang teraktual. Menurutnya, itu juga menjadi keputusan yang baik demi kemajuan hukum Indonesia yang mengedepankan transparansi.

"Ini menunjukkan suatu langkah yang sangat baik dalam hal penegakkan hukum. Jadi kita sangat sangat terbuka dan transparan ya," tuturnya.

 Baca juga: Danpuspom TNI : Letda RW Mabuk saat Tusuk Serda Saputra

Dia kembali memastikan, bahwa segala macam penegakkan hukum di TNI meliputi empat hal. Yaitu, terbuka, profesional, proporsional, dan transparan.

Untuk waktu persidangannya, Eddy belum bisa memastikan. Saat ini, kata dia, Oditur sedang menyusun berkas penuntutan.

"Saya kira segera secepatnya, begitu oditur menyiapkan penuntutan dalam waktu secepatnya kita akan melaksanakan persidangan," ucapnya.

Sebelumnya, ada delapan orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka selain RW. Mereka terdiri dari berbagai unsur, antara lain dua oknum dari TNI AD dan enam orang dari sipil. Dua oknum dari TNI AD, Sersan Satu (Sertu) H dan satu lagi Kopral Satu (Koptu) S.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini