Buntut Korban Eksploitasi WN Prancis, KPAI Minta Pengawasan Hotel Diperketat

Muhamad Rizky, Okezone · Kamis 09 Juli 2020 21:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 338 2243988 buntut-korban-eksploitasi-wn-francis-kpai-minta-pengawasan-hotel-diperketat-l1H0gO4YeG.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

JAKARTA - Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Susanto, meminta Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memperketat pengawasan, dan kontrol terhadap sejumlah hotel di Jakarta.

Permintaan tersebut disampaikan KPAI menyusul temuan kasus eksploitasi terhadap ratusan anak di beberapa hotel di Jakarta yang dilakukan oleh warga negara Prancis FAC alias Frans (65).

"Karena diduga kasus ini TKP-nya di hotel, makanya tentu ini jadi warning (peringatan) kita semua dan juga untuk Pemda melakukan pengawasan dan kontrol terhadap hotel, penginapan, tempat hiburan yang ada di lingkungan kita," kata Susanto saat konfrensi pers di Mapolda Metro Jaya, Kamis (9/7/2020).

 Baca juga: Polisi Sebut Ratusan Korban Eksploitasi WN Francis Didapat dari Jalanan hinggal Mal 

Menurut Susanto, pengawasan secara ketat terhadap tempat hiburan dan hotel sangat penting dilakukan untuk mencegah kasus khususnya eksploitasi anak yang terus berulang.

"Tidak menutup kemungkinan managemennya tidak tahu tapi tampaknya ini terjadi. Ini penting sekaligus meningkatkan kontrol internal bagi managemen hotel agar anak-anak kita tidak jadi objek seksual," jelasnya.

 Baca juga: Polisi Bongkar Kasus Eksploitasi 305 Anak di Bawah Umur 

Selain itu, kata Susanto, pihaknya juga mendukung penuh upaya kepolisian agar bisa terus mengungkap kasus serupa. Disisi lain ia juga mengingatkan kepada semua pihak dan orang tua untuk selalu mengawasi lingkungan sekitar dan tidak segan melapor jika menemukan hal yang mencurigakan.

"Ini jadi pemantik bagi orang tua masyarakat untuk saling kerjasama, kalaupun bukan anak kita tapi kemudian di area kita melihat gerak gerik yang mengarah pada eksploitasi seksual kita harus aware (peduli), kita semua harus lakukan upaya pencegahan sekaligus lapor polisi kalau ada dugaan," tandasnya.

Diketahui sebelumnya, Polda Metro Jaya membongkar kasus eksploitasi secara ekonomi dan atau seksual terhadap 305 orang anak dibawah umur yang dilakukan Warga Negara Francis di beberapa hotel di Jakarta.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sujana mengungkapkan, kasus ini terungkap setelah petugas mendapat informasi adanya kasus eksploitasi anak disebuah hotel di Jakarta Barat. Setelah dilakukan penyelidikan polisi menangkap seorang pelaku berinisial FAC (65) alias Frans.

Dari hasil pemeriksaan polisi kata Nana, terungkap bahwa pelaku sudah melakukan eksploitasi terhadap ratusan anak dibawah umur. Hal itu terlihat dalam video rekaman dalam laptop pelaku.

"305 orang anak di bawah umur ini berdasarkan data video yang ada di laptop dalam bentuk film. Jadi seluruh data yang ada pelaku videokan. Ada video yang tersembunyi dikamar ketika melakukan actionnya," ungkap Nana. (wal)

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini