Tahun Ajaran Baru, Sejumlah Sekolah di Tangsel Gelar Tatap Muka Terbatas

Hambali, Okezone · Senin 13 Juli 2020 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 338 2245460 tahun-ajaran-baru-sejumlah-sekolah-di-tangsel-gelar-tatap-muka-terbatas-xY29PdM8ty.jpg Orangtua antar anak masuk sekolah di hari pertama tahun ajaran baru. Foto: Hambali-Okezone

TANGSEL - Hari ini, Senin(13/7/2020), merupakan hari pertama masuk sekolah berupa pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) atau biasa disebut masa orientasi bagi anak didik baru di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Karena situasi Covid-19, kegiatan itu pun dilakukan secara daring (online).

Namun pantauan Okezone di beberapa tempat menunjukkan, sejumlah sekolah menggelar memulai tahun ajaran baru 2020-2021 secara tatap muka atau langsung. Hal itu dilakukan secara terbatas sesuai protokol kesehatan.

Contoh yang menggelar tatap muka langsung adalah Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) yang terletak di Jalan Aria Putra, Kedaung, Pamulang. Di sana tercatat, 24 siswa baru mengikuti kegiatan PLS dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Pihak sekolah tak bersedia memberikan keterangan lebih lanjut mengenai PLS tatap muka itu. Pihak sekolah hanya menjelaskan bahwa tiap anak yang mengikuti PLS harus mengikuti ketentuan seperti pengecekan suhu tubuh, mengenakan masker, mencuci tangan, hingga satu meja satu anak didik.

Begitu pun terlihat di suatu Taman Kanak-Kanak (TK) di Jalan Bhayangkara Blok E 26, Benda Baru, Pamulang. Para anak didik didampingi orangtua masing-masing mengikuti kegiatan di area sekolah yang lokasinya berada di belakang Puskesmas Benda Baru.

Baca Juga:  Mendikbud Tegaskan Pembukaan Sekolah di Zona Hijau Harus Kedepankan Protokol Kesehatan

Sebelumnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangsel telah merencanakan sejak jauh hari bahwa pelaksanaan PLS dilakukan secara daring. Teknisnya, siswa diarahkan mengikuti kegiatan dari rumah secara daring sambil mengenakan seragam sekolah.

"Di masa pandemi Covid-19, kesehatan dan keselamatan peserta didik, guru, Kepala sekolah, dan tenaga kependidikan adalah prioritas," terang Kepala Dindikbud Tangsel, Taryono, beberapa hari lalu.

Para siswa baru hanya bisa mengikuti kegiatan itu di rumah masing-masing, lengkap mengenakan seragam sekolah. Berikutnya, para guru akan memberikan bimbingan dan pengarahan seputar materi PLS tahun ajaran 2020/2021.

Baca Juga:  Tahun Ajaran Baru, Siswa Wajib Pakai Face Shield ketika Tatap Muka di Sekolah 

"Hanya petugas upacara dan guru yang hadir di sekolah, dengan memenuhi protokol kesehatan Covid-19. Sedangkan siswa baru peserta PLS memakai seragam sekolah asal, dan tetap berada di rumah masing-masing," tegasnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini