Polisi Segera Lengkapi Berkas Kasus Kelompok John Kei

Ari Sandita Murti, Sindonews · Selasa 14 Juli 2020 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 338 2246258 polisi-segera-lengkapi-berkas-kasus-kelompok-john-kei-GM3FfebADC.jpg foto: Okezone

JAKARTA- Polda Metro Jaya mulai menyusun berkas kasus penyerangan kelompok John Kei terhadap kelompok Nus Kei di Tangerang dan Jakarta Barat beberapa waktu lalu. Namun, belum dipastikan kapan berkas tersebut rampung.

"Iyah sambil berjalan (pengembangan) sambil melengkapi (berkas) semuanya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus saat dihubungi, Selasa (14/7/2020).

Menurutnya, berkas kasus penyeranga yang dilakukan kelompok John Kei terhadap Nus Kei itu mulai disusun, hanya saja tak bisa dipastikan kapan berkas tersebut rampung.

Setelah berkas tersebut rampung, pihaknya akan berkoordinasi dan melimpahkan berkasnya itu ke kejaksaan untuk diteliti lebih lanjut kelengkapannya. "Sudah cukup yah karena rekonstruksi juga kan sudah dilakukan," tuturnya.

Dia menambahkan, polisi menganggap pemeriksaan saksi dan bukti tentang penyerangan tersebut sudah cukup sehingga dilakukan penyusunan berkasnya. Adapun tentang 8 orang yang masih DPO itu, polisi pun masih bekerja melakukan pencarian dan pengejaran agar bisa segera ditangkap.

Polisi telah menetapkan 39 anak buah termasuk John Kei sebagai tersangka. Namun demikian Polda Metro masih memburu komplotan ini yang masih buron.

Adapun para pelaku terancam Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana, Pasal 88 KUHP tentang terkait permufakatan jahat, Pasal 351 KUHP mengenai penganiayaan, dan Pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan.

John Kei dan gerombolannya juga dijerat dengan UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 atas kepemilikan sejumlah senjata tajam. Ancaman hukuman maksimal terhadap mereka yakni pidana mati.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini