Disdik DKI Gandeng Polisi Terkait Gadai KJP

Agregasi Sindonews.com, · Kamis 16 Juli 2020 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 338 2247430 disdik-dki-gandeng-polisi-terkait-gadai-kjp-VvkOECllyv.jpg Ilustrasi (foto : Sindonews)

JAKARTA - Sejumlah orangtua siswa menggadaikan Kartu Jakarta Pintar (KJP). Setidaknya, ada 219 wali murid melakukan hal tersebut di Kalideres, Jakarta Barat.

Soal itu, Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta belum bertindak. Disdik masih menunggu hasil penyidikan yang dilakukan Polsek Kalideres. Nama murid yang KJP-nya digadai pun hingga saat ini belum didapat disdik.

“Ini masih proses hukum dan polisi ada standarnya, jadi kami belum dapatkan data nama-nama siswa yang (KJP-nya)  digadai,” kata Kepala Pusat Pelayanan Pendanaan Personal dan Operasional Pendidikan (P4OP) Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Yanto, Kamis (16/7/2020).

Sebelumnya, pencairan uang Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang tekat menyebabkan 219 orangtua murid di Kalideres, Jakarta Barat, mengadaikan KJP anaknya ke salah satu toko peralatan sekolah.

Terkait hal itu Yanto mengatakan, Disdik belum melakukan penyelidikan dan masih menunggu proses hukum yang dilakukan kepolisian. Setelah proses hukum itu selesai, Disdik akan menindak temuan itu.

Termasuk mengenai pemberitaan di media yang telah menemui salah satu orang tua murid dan toko yang terima gadai. Yanto menegaskan, pihaknya akan mengkonfortir langsung kepada keduanya.

Baca Juga : Sara Connor, Pembunuh Polisi di Bali Bebas Setelah 5 Tahun Dipenjara

Baca Juga : Efek Pandemi Corona, Pria Ini Gadai KJP Demi Dapur Ngebul 

Sembari menunggu, lanjut Yanto, Sudin Pendidikan Jakarta Barat dan kasatlak masih menelusuri dan berkoordinasi dengan Polsek Kalideres. “Hasil koordinasi itu kita lakukan klarifikasi atau penjelasan sebenarnya apa yang terjadi,” ucapnya.

Meski demikian, Yanto memastikan hukuman nantinya akan sesuai dengan SOP KJP. Karena itu, tak menutup kemungkinan mereka yang terbukti menggadaikan akan dikenakan sanksi tegas, salah satu pencabutan KJP.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini