Evaluasi CFD Bekasi, Wali Kota Akui Masih Ada Warga Tak Pakai Masker

Wisnu Yusep, Okezone · Senin 20 Juli 2020 18:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 338 2249371 evaluasi-cfd-bekasi-wali-kota-akui-masih-ada-warga-tak-pakai-masker-USr1EQVLcX.jpg Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. (Foto : Okezone.com/Wisnu Yusep)

BEKASI — Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mengevaluasi aktivitas hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) yang sudah dua pekan ini dilaksanakan.

Hasilnya, menurut Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi banyak warga yang sudah mematuhi protokol kesehatan. Meski demikian, Rahmat mengakui ada sejumlah warga yang masih melakukan pelanggaran.

"Pelanggaran-pelanggaran pasti ada, tidak menggunakan masker ada, bergerombol ada. Karena CFD kemarin itu sekitar 40 ribu orang (mengikuti kegiatan CFD di Kota Bekasi-red)," ujar pria yang disapa Pepen itu kepada wartawan, Senin (20/7/2020).

Pepen melanjutkan, dari hasil evaluasi itu, pihaknya telah memperpanjang titik rapid test. Termasuk telah memperketat larangan bagi warga yang sudah dikategorikan.

"Makanya kita turunkan tim, nanti ada Dishub, Satpol PP dengan pakaian yang tidak atribut, humble, berbaur menyampaikan bagaimana car free day aman dan protokol kesehatannya terpenuhi hingga warga masyarakat sehat," ujar dia.

Gelaran CFD pada masa PSBB transisi new normal, kata dia, banyak warga yang antusias. Karena itu, dirinya belum terpikirkan untuk melarang kembali gelaran CFD.

"Pada pertama (CFD digelar) ada 30 ribu, kemudian naik 48 ribu peserta. Apa kita larang lagi? Ya jangan warga sudah enjoy, kan bikin orang sehat itu harus juga enjoy pikirannya," ucapnya.

Namun lain bagi pedagang. Kata Pepen, pihaknya masih mengkaji adanya kegiatan niaga dalam gelaran CFD ke depan.

Baca Juga : Duh! Puluhan Warga Tak Pakai Masker saat Car Free Day

"Belum, makanya tadi itu yang juga kita evaluasi (pedagang di CFD)," tuturnya.

Baca Juga : Anak di Bawah 9 Tahun hingga Ibu Hamil Dilarang Olahraga di Kawasan Khusus Bersepeda

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini