Anies Berencana Sinkronkan PPDB Sekolah Negeri dan Swasta

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Senin 20 Juli 2020 19:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 338 2249390 anies-berencana-sinkronkan-ppdb-sekolah-negeri-dan-swasta-njiajm7RUV.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berencana membuat regulasi agar sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di DKI Jakarta, menyinkronkan antara sekolah negeri dan swasta.

Meski demikian, mantan Mendikbud itu mengakui bahwa rencana tersebut bukan hal yang mudah.

"Kita bayangkan PPDB negeri dan swasta jadi sebagai satu kesatuan, policy-nya pun terintegrasi sehingga warga Jakarta punya opsi semuanya, tentu ini tidak akan sederhana," kata Anies dalam rapim dikutip Okezone melalui Youtube Pemprov DKI Jakarta, Senin (20/7/2020).

 Baca juga: Pemprov DKI Akan Bantu Uang Pangkal Siswa yang Bersekolah di Swasta 

Anies berharap, Dinas Pendidikan DKI bisa mengayomi baik sekolah negeri maupun swasta di Ibu Kota. Ia pun menilai masih ada ketimbangan antara sekolah negeri dan swasta tersebut.

Dalam rapim yang membahas PPDB itu, Anies menerangkan bahwa penerimaan siswa tahun 2020-20201 bisa menjadi momentum untuk merombak total dan mensinkronkan kebijakan PPDB tersebut.

 Baca juga: Layanan Bus Pengganti KRL di Stasiun Bogor Akan Berbayar, Berapa Harganya?

"Jadi tahun ini kalau bisa adalah tahun reform total untuk pendidikan swasta. Tahun ajaran depan kita sudah bisa mengatur perpindahan antar jejang sebagai satu kesatuan," ujar dia.

Ia mengatakan, bahwa tingginya peminat siswa untuk sekolah negeri karena sekolah negeri tidak ada uang pangkal dan kualitas sekolahnya lebih baik.

Ia pun berharap rencana menyinkronkan PPDB antara sekolah negeri dan swasta tersebut bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Ibu Kota.

"Untuk ke depan, persiapan improvement kualitas sekolah swasta sekaligus," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini