Share

Dua Pengunjung CFD Bekasi Dinyatakan Positif Covid-19

Wisnu Yusep, Okezone · Rabu 22 Juli 2020 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 22 338 2250559 dua-pengunjung-cfd-dinyatakan-reaktif-covid-19-QcwYRLg3sn.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

BEKASI — Delapan orang  yang mengunjungi lokasi hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, pada Minggu 19 Juli 2020, dinyatakan reaktif usai mengikuti rapid test. Dari delapan orang tersebut, dua di antaranya positif corona usai menjalani tes swab. Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan satu warga yang positif  corona itu tercatat sebagai warga Pemerintah Kabupaten Bekasi, dan satu lagi merupakan warga Kota Bekasi. "Keduanya perempuan," ungkapnya, Rabu (22/7/2020).

Rahmat Effendi menambahkan, pihaknya kesulitan melakukan tracing kepada warga Kabupaten Bekasi yang positif Covid-19 tersebut.

"Itu yang Kabupaten susah ngelacak-nya. Tapi kan kita biasanya kan standarnya tracing, isolasi atau rawat. Nah yang di Kabupaten itu kan balik ke kampungnya dia," kata dia.

Trackng itu, kata dia, sulit dilakukan karena orang tersebut berada di wilayah Kabupaten Bekasi. Dia khawatir akan berpengaruh kepada wilayah dimana orang tersebut tinggal. "Ini berpengaruh kepada kampungnya," jelas dia.

Meski ada pengunjung yang positif Covid-19, Pemkot Bekasi tidak akan menyetop kegiatan CFD.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. Foto: Wisnu Yusep-Okezone 

"CFD nya, sekarang gini, di warga kita ketemukan klaster baru, bukan rumahnya yang kita tutup. Nah kenapa? kita ketemukan kasus, kita akan ngejar, nyari (orang yang positif)," ungkap dia.

Ibarat orang yang berdagang kelontongan, kata Pepen, bukan warungnya yang ditutup, tetapi pemilik warungnya yang akan dicari.

"Jadi kalau ada sesuatu, itu bukan warungnya, bukan rumahnya, bukan institusinya yang kita cabut kita tracing, nah itu yang bener. Di pasar bukan pasarnya yang ditutup, penyakitnya yang dicari," jelas dia. (abp)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini