Berikut Ciri-Ciri Hewan yang Layak Kurban

Irfan Ma'ruf, iNews · Kamis 23 Juli 2020 23:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 338 2251199 berikut-ciri-ciri-hewan-yang-layak-kurban-anI166sUAa.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban yang tengah diperjual belikan di sejumlah lokasi. Masyarakat diberikan sejumlah ciri-ciri hewan yang sehat dan layak sembeli pada hari raya kurban.

"Untuk ciri hewan kurban yang sehat bisa dilihat dari giginya, dan cukup umur. Jika giginya rata dan matanya jernih itu bagus dan layak jadi hewan kurban," kata Kepala Sudin Kelautan Pertanian Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Selatan, Hasundungan A. Sidabalok melalui keterangan tertulis, Kamis (23/7/2020).

 hewan

Lebih lanjut dia mengatakan, hewan layak kurban harus dilakukan pengecekan dalam istilah ASUH, hewan yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal. Kemudian mulai dari tempat asalnya hewan ini ada keterangan dari dokter hewan setempat.

"Untuk membuktikan ASUH diperlukan verifikasi, dan yang sudah mendapatkan verifikasi hewannya berarti aman," ujarnya.

Sebelumnya, pihak KPKP telah melakukan pengawasan terhadap hewan kurban di 73 lokasi dan telah melakukan pengecekan kesehatan mencapai 5.469 ekor terdiri dari 2.533 sapi, 36 kerbau, 2.397 kambing, 503 ekor domba. Dari 5.469 hewan kurban diperiksa tersebut, sebanyak 19 diantara tak layak untuk menjadi hewan kurban.

“Jadi yang tidak sehat itu dan tidak layak dijual itu ada dua ekor kambing sementara yang belum cukup umur ada 17 ekor, dan sudah kami tandakan dengan semprot pylox warna merah," kata Hasudungan.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini