Sungai Jaletreng Tangsel Tercemar, Warga: Tajam Banget Baunya

Hambali, Okezone · Jum'at 24 Juli 2020 19:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 338 2251674 sungai-jaletreng-tangsel-tercemar-warga-tajam-bangat-baunya-7u8wx9AW0T.jpg Sungai Jaletreng Tangsel tercemar. Foto: Hambali-Okezone

TANGSEL - Limbah cairan berwarna hitam pekat dan berbau menyengat mencemari sungai Jaletreng, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel). Saluran limbah itu nampak mengalir dari kawasan pergudangan dan industri sekitar.

Pantauan Okezone Jumat (24/7/2020), limbah hitam pekat itu mengucur deras dari gorong-gorong berdiameter sekira 2 meter. Letaknya berada persis di atas aliran sungai Jaletreng. Warga sekitar menyebut, limbah itu menebar bau sangat menyengat manakala hujan turun.

"Ini sudah lama, limbah ini diduga asal alirannya dari kawasan pabrik sama pergudangan sekitar sini," terang Wawan (34), warga setempat.

Sungai Jaletreng mengalir di sisi Taman Kota 2. Di bagian badan sungai yang tak terimbas cairan limbah hitam pekat, terlihat warna air sungai normal dengan warna alami. Kondisi itu berbeda jika dibandingkan badan sungai yang tercemar limbah dari gorong-gorong jalan.

"Bisa lihat sendiri itu warnanya, airnya juga kan kelihatan keruh seperti berminyak," ungkapnya.

Kesaksian yang sama disampaikan pula oleh Ruhiyat (41), pemilik warung makanan yang berdagang di pinggiran Sungai Jaletreng. Dia menyebut bau menyengat dari limbah itu sangat mengganggu para pembeli yang mampir di warungnya.

Baca Juga:  Sungai Bengawan Solo Dipenuhi Sampah Popok, Warga Mengeluh Bau

"Tajam banget baunya, apalagi kalau hujan. Kadang yang lagi makan di sini pada nutup hidung. Cairan limbahnya keluar dari gorong-gorong itu," tuturnya sambil menunjuk ke arah gorong-gorong besar.

Pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel belum bisa menjelaskan secara detail saat dikonfirmasi mengenai hal ini. Namun disebutkan, sudah ada tim yang terjun ke lokasi guna mengetahui sumber limbah tersebut.

"Nanti dijelaskan secara utuh, saat ini sedang ditelusuri dulu," ucap Kadis DLH Tangsel Toto Sudarto. (abp)

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini