Share

Wagub DKI Sebut RS dan Rusunawa Akan Dibangun di Kawasan Industri Pulogadung

Agregasi Sindonews.com, · Minggu 26 Juli 2020 04:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 26 338 2252164 wagub-dki-sebut-rs-dan-rusunawa-akan-dibangun-di-kawasan-industri-pulogadung-jmgj3ZWQHm.jpg (Foto : Sindonews)

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, meninjau perencanaan pengembangan kawasan Industri Pulogadung, di kantor PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), Jakarta Timur, pada Sabtu (25/7/2020).

Di lokasi tersebut akan dijadikan kawasan terpadu yang memiliki beragam fasilitas publik, seperti rusunawa, rumah sakit, sekolah, hingga transportasi publik terintegrasi.

“Kami melakukan peninjauan di kawasan Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP). Di sini ada lahan seluas 500 hektar yang selama ini diperuntukkan untuk kawasan industri. Dirut PT JIEP, Pak Landi, beserta jajaran, punya konsep yang bagus melakukan re-master plan menjadikan kawasan industri ini menjadi kawasan terpadu,” ucap Wagub Ahmad Riza di lokasi kawasan pascapeninjauan, Sabtu (25/7/2020) sore, melansir Sindonews.

Dalam pengembangan kawasan tersebut, Ariza memastikan tak hanya fasilitas publik berupa bangunan yang akan dibangun. Ia mengatakan, disiapkan Ruang Terbuka Hijau seluas 94 hektar dalam konsep re-master plan 2019-2023.

“Di sini nanti akan dibangun RS, rusunawa, di sini juga akan disiapkan RTH yang luasnya hampir 100 hektar. Jadi, kalau hari ini kita punya Monas yang lahannya seluas 80 hektar, Ragunan luasnya 70 hektar, di sini nanti kita punya hampir 100 hektar dengan kawasan hutan kota dan waduknya. Di sini juga bisa nanti menampung air, bahkan bisa menjadi air baku. Kemudian, jadi tempat yang bersih, yang indah, (ada) rumah sakit, pendidikan, dan kawasan industri sebagian kecil,” urainya.

Untuk memulai hal tersebut, Pemprov DKI Jakarta akan menyiapkan beberapa langkah. Di antaranya, menertibkan bangunan liar seluas kurang lebih 3 hektar dan mempercepat pengesahan re-master plan dalam Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

“Kawasan ini sudah selesai konsepnya. Kita akan mulai dengan penataan, penertiban, kita akan mengubah RDTR dan RTRW-nya. Kita akan melakukan percepatan dalam tahun ini juga dan mempersiapkan lokasi baru nanti ada beberapa titik yang potensial. Sehingga, percepatan kawasan ini bisa kita optimalkan,” jelas Politisi Partai Gerindra itu.

Direktur Utama PT JIEP, Landi Rizaldi Mangaweang, menambahkan, dengan adanya kunjungan Wagub Ariza ini, diharapkan dapat mempercepat persetujuan rencana pengembangan Kawasan Industri Pulogadung yang tertuang dalam re-master plan Kawasan Industri Pulogadung.

"Dalam re-master plan yang kami ajukan ke pemegang saham, baik ke Kementerian BUMN dan Pemprov DKI, Kawasan Industri Pulogadung akan diubah total. Total dalam hal ini ialah baik dari segi tata letak maupun tata ruang. Selain itu, konsep kawasan industri terintegrasi tergambar dalam 7 zona atau hub, masing-masingnya adalah media hub, green hub, cultural hub, digital (business) hub, halal hub, logistic, dan social hub," tambahnya.

Baca Juga : Anies Ingin 80% Warga Jakarta Isi Tes CLM untuk Kontrol Penyebaran Virus Corona

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Kepala BPAD Provinsi DKI Jakarta, Kepala Bapenda Provinsi DKI Jakarta, Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi DKI Jakarta, Kepala Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta, dan Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur.

Baca Juga : Ini Sanksi bagi Pelanggar Larangan Kantong Plastik di DKI

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini