Pemkot Bogor Siapkan 68 Titik Internet Gratis untuk Siswa Belajar Daring

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Kamis 30 Juli 2020 08:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 338 2254300 pemkot-bogor-siapkan-68-titik-internet-gratis-untuk-siswa-belajar-daring-cu0sB7ZKh2.jpg Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim (Foto: Okezone/Putra)

BOGOR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana menyiapkan layanan hotspot publik bagi siswa yang melaksanakan proses belajar dengan sistem daring. Hotspot itu akan tersebar di 68 kelurahan se-Kota Bogor.

"Yang pasti ini sedang kita matangkan untuk konsepnya. Apakah nanti dipasang di setiap kantor kelurahan, atau di balai warga," kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim, kepada wartawan, Rabu (29/8/2020).

Menurutnya, wacana ini sebagai salah satu solusi menjawab keluhan para orangtua siswa terkait sistem belajar secara daring. Pasalnya, orangtua dibebankan untuk membeli kuota internet agar anaknya bisa belajar.

"Kita meminta Dinas Pendidikan menyiapkan satu portal, atau akses, modul, silabus maupun kurikulum daring versi Kota Bogor yang mengakomodir anak-anak sekolah kita. Itu yang paling penting," ungkap Dedie.

Tak hanya siswa, nantinya layanan hotspot itu juga dapat digunakan oleh para pelaku usaha. Hal tersebut guna salah satu upaya memulihkan sektor ekonomi dengan membantu memasarkan komoditi secara daring.

"Bisa juga dimanfaatkan UMKM maupun UKM yang sedang fokus berjualan online. Memberikan akses pemasaran melalui digital tetapi juga difasilitasi suatu perangkat akses internet yang memadai," tambah Dedie.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Persandian (Diskominfostandi) Kota Bogor, Rahmat Hidayat mengaku rencana tersebut masih dimatangkan. Terutama terkait teknis pelaksanaan.

"Sedang kita matangkan dengan instansi terkait. Jadi kita belum bisa bicara banyak. Kita juga masih matangkan, apakah wifi publik ini akan dipasang di kantor kelurahan, di balai warga atau seperti apa," ucap Rahmat.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini