Idul Adha saat Corona, Anies: Jadilah Keluarga yang Ikhlas Melewati Pandemi ini

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 31 Juli 2020 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 31 338 2254950 idul-adha-saat-corona-anies-jadilah-keluarga-yang-ikhlas-melewati-pandemi-ini-QZWmIcTzqV.jpg Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan (foto: Okezone.com/Fakhri)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, bahwa perayaan Idul Adha 1441 Hijriah berbeda dari tahun-tahun sebelumnya lantaran Ibu Kota masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Anies mengatakan, selama lima bulan terakhir warga Jakarta banyak berkumpul bersama keluarga karena adanya wabah corona tersebut.

"Dahulu pada saat tahun-tahun lalu, kita bersama keluarga di waktu yang lebih terbatas. Sekarang, pagi siang malam, hari kerja, hari libur, dan hari akhir pekan, kita bersama keluarga terus. Keluarga menjadi tempat kita bersama selama beberapa bulan terakhir ini," kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Jumat (31/7/2020).

Menurut Anies, pandemi Covid-19 saat Idul Adha merupakan kesempatan bagi umat Islam untuk meneladani kesabaran Nabi Ibrahim AS saat diuji Allah SWT.

 virus corona

"Inilah kesempatan bagi kita, keluarga-keluarga, untuk meneladani betapa besarnya cobaan yang dialami oleh Ibrahim AS sekeluarga, dan keluarga-keluarga kita hari ini mengalami cobaan yang tidak kalah ringan," ujar Anies.

Mantan Mendikbud itu menilai, saat ini masyarakat juga mendapatkan ujian bagaimana harus tetap berada di rumah, bekerja dari rumah, belajar, hingga beribadah dari rumah.

"Tapi kita menyadari persis bahwa ini belum apa-apa di bandingkan dengan cobaan yang dialami oleh sebuah keluarga (Nabi Ibrahim) yang kita peringati sampai dengan hari ini," terangnya.

Anies menerangkan, pandemi Covid-19 saat Idul Adha juga bisa diambil hikmahnya oleh umat Islam betapa tabah dan ikhlasnya Nabi Ibrahim saat diminta untuk mengorbankan anaknya.

"Dan insya Allah kita semua, keluarga-keluarga di Indonesia dan Jakarta khususnya, akan menjadi keluarga yang lebih baik, keluarga yang lebih takwa, keluarga yang tangguh, keluarga yang lebih ikhlas melewati masa pandemi ini," imbuhnya.

(wal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini