Pakar Kesehatan: PSBB Transisi Fase I Akan Buat Laju Covid-19 Semakin Bertambah

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Minggu 02 Agustus 2020 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 02 338 2255557 pakar-kesehatan-psbb-transisi-fase-i-akan-buat-laju-covid-19-semakin-bertambah-rw7SctUcvz.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA - Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra mengatakan, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi fase I yang diterapkan Pemprov DKI Jakarta akan membuat akan membuat laju Covid-19 di Ibu Kota akan semakin terus bertambah.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diketahui telah memperpanjang PSBB transisi fase I sebanyak tiga kali hingga 13 Agustus 2020 mendatang. Padahal, positivity rate berada diangka 6,5% di atas standar WHO 5%.

"Jadi memang di DKI memang ada PSBB transisi tidak membuat laju Covid-19 makin menurun tapi justru semakin bertambah," kata Hermawan kepada Okezone, Minggu (2/8/2020).

 covid-19

Hermawan menerangkan, bahwa penambahan Covid-19 di Jakarta lantaran dilonggarkannya aktivitas masyarakat. Alhasil, kenaikan kasus penularan Covid-19 terus bertambah.

"Bahkan semua zona di DKI sudah mulai merah lagi. Dan ini hal yang biasa termasuk di perkantoran," ujarnya.

Menurut dia, dibukanya sektor perkantoran membuat jalanan semakin macet dan aktivitas di ruang publik kembali ramai. Ia menilai, saat ini penerapan PSBB transisi fase I tidak ada bedanya dengan kondisi normal sebelum adanya pandemi Covid-19.

"Terlebih mungkin hanya sebagian saja menggunakan masker dan sebagian menjaga jarak, kemungkinan kasus akan naik terus," pungkasnya.

(wal)

1
1
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini