PSBB Kota Bogor Diperpanjang, Apa Bedanya?

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Selasa 04 Agustus 2020 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 04 338 2256939 psbb-kota-bogor-diperpanjang-apa-bedanya-7WkOFbW4Wj.jpg Wali Kota Bogor Bima Arya (Foto: Okezone)

BOGOR - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Pra Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Kota Bogor, Jawa Barat diperpanjang satu bulan ke depan hingga September 2020. Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan Wali Kota Bogor Nomor 900.45-552 Tahun 2020 tentang PSBB Pra AKB.

"Perpanjangan keenam PSBB Pra AKB terhitung mulai tanggal 4 Agustus sampai 3 September 2020," kata Wali Kota Bogor Bima Arya, Selasa (4/8/2020).

Perpanjangan masa PSBB Pra AKB ini berdasarkan evaluasi dan informasi penanganan Covid-19 di Kota Bogor bahwasanya pada pelaksanaan PSBB yang telah dilaksanakan menunjukkan penyebaran secara fluktuatif dan belum ada pengurangan signifikan.

"Pemberlakuan PSBB ini dapat diperpanjang jika masih terdapat penyebaran Covid-19," tambahnya.

Baca Juga:   Gelar Pesta Pernikahan Lebih dari 30 Orang, Denda Rp10 Juta Menanti

Sementara, yang berbeda dengan PSBB Pra AKB sebelumnya, saat ini Pemkot Bogor tengah melakukan sosialisasi terkait denda bagi pelanggar masker. Selama sosialisasi ini, para pelanggar baru dikenakan teguran dan belum sanksi denda.

"Masyarakat yang berdomisili atau tinggal di Kota Bogor wajib mematuhi ketentuan PSBB sesuai dengan perundangan yang berlaku dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19," tutup Bima.

Untuk diketahui, berdasarkan data dari Gugus Tugas Pecepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Bogor kasus konfirmasi positif perhari ini yang masih dirawat berjumlah 83 orang. Kemudian, kasus suspek (ODP dan PDP) sebanyak 81 orang dan terakhir yang melakukan kontak erat masih dikarantina 68 orang.

Baca Juga:  Total Sanksi Denda Pelanggar PSBB Transisi Capai Rp1,5 Miliar

Selain itu, terdapat lima klaster keluarga penyebaran Covid-19 di Kota Bogor yakni Rimba Mulya, Semplak, Cimanggu City, Sukadamai dan Banjarjati. Lalu, satu klaster dari fasilitas kesehatan yaitu RS Azra.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini