Peringatan Dini, BPBD Sebut Jakarta Berpotensi Hujan Badai Selama 2 Hari

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 06 Agustus 2020 20:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 338 2258211 terbitkan-peringatakan-dini-bpbd-sebut-dki-berpotensi-hujan-angin-selama-2-hari-SrIq0eHVmH.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta melalui BPBD Provinsi DKI Jakarta, menerbitkan peringatan dini atas potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang/puting beliung di wilayah DKI Jakarta selama dua hari ke depan pada 7-8 Agustus 2020.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto mengatakan, peringatan dini ini bersumber dari BMKG. Sehingga, masyarakat diminta lebih waspada dan mempersiapkan diri.

"Kami mengimbau agar masyarakat dapat mengantisipasi dan menyiapkan segala sesuatunya untuk menjaga diri dari hujan angin," kata Sabdo dalam keterangannya, Kamis (6/8/2020).

 Hjan

Sabdo mengatakan, bahwa BPBD DKI Jakarta juga telah mengimbau kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, para camat dan lurah daerah rawan banjir atau longsor agar antisipasi dengan menyiagakan PPSU dan Satgas Banjir/Dinas SDA Kecamatan.

"Masyarakat dapat menghubungi 112 apabila membutuhkan bantuan," terangnya.

Sabdo menjelaskan, penyebab dari hujan angin ini lantaran pusat tekanan rendah terpantau di Laut Cina Selatan (1006 hPa) yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Laut Cina Selatan.

Kata dia, daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Laut Banda bagian utara hingga perairan Pulau Ambon dan dari Samudera Pasifik utara Papua hingga Papua Barat bagian selatan.

"Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar wilayah pusat tekanan rendah dan daerah konvergensi tersebut," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini