Kedapatan Tak Pakai Masker saat Olahraga di Bundaran HI, Sejumlah Warga Dihukum Menyapu Jalan

Fahreza Rizky, Okezone · Minggu 09 Agustus 2020 09:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 09 338 2259246 kedapatan-tak-pakai-masker-saat-olahraga-di-bundaran-hi-sejumlah-warga-dihukum-menyapu-jalan-uVnk44ayHk.jpg Warga dihukum menyapu jalan karena sempat tak memakai masker saat olahraga di Bundaran HI. Foto: Fahreza-Okezone

JAKARTA - Sejumlah warga Jakarta yang tidak memakai masker saat berolahraga di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, terjaring operasi penertiban oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Berdasarkan pantauan Okezone di lokasi, Minggu (9/8/2020) warga yang tidak memakai masker dihukum menyapu jalanan sebagai bentuk sanksi sosial. Nama pelanggar juga dicatat oleh petugas sebagai database.

Kepala Satpol PP Jakarta Pusat Bernard Tambunan mengatakan pihaknya mengerahkan 40 personel untuk menertibkan protokol kesehatan di Bundaran HI.

Pasalnya kawasan tersebut selalu ramai di akhir pekan meski Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day ditiadakan."Kita (kerahkan) sekitar 40 personel di Bundaran HI," kata Bernard kepada Okezone.

Baca Juga: Akhir Pekan, Kawasan Bundaran HI Masih Jadi Tempat Favorit untuk Olahraga 

Menurut Bernard, Satpol PP bertugas menegakkan protokol kesehatan di kawasan ramai seperti Bundaran HI. Warga yang kedapatan tak pakai masker akan diberi sanksi.

Sanksi yang diberikan adalah denda sebesar Rp250 ribu. Apabila pelanggar tidak menyanggupinya, maka akan dikenakan sanksi sosial berupa menyapu jalanan.

"Bagi yang tak pakai masker kami langsung bawa ke posko untuk ditindak berupa denda 250 dan sanksi sosial. Jadi kalau dendanya tak sanggup, kami kenakan sanksi sosial," ungkapnya.

Bernard menambahkan, saat ini Satpol PP belum merekapitulasi jumlah pelanggar yang ditindak di kawasan Bundaran HI. Pasalnya giat operasi belum selesai dilaksanakan. Namun berdasarkan data pekan lalu, jumlah warga yang tidak pakai masker di Bundaran HI berkurang.

"Kalau di HI rata-rata tiap Minggu saja bisa menjaring 50 sampai 60 orang, tapi Minggu sekarang kami lihat ada penurunan gak seperti di awal, Minggu kemarin saja 40. Ada penurunan di HI orang yang tak pakai masker," jelasnya.

Untuk diketahui, kawasan Sudirman-Thamrin termasuk di dalamnya Bundaran HI dipadati warga Ibu Kota yang berolahraga di akhir pekan. Mereka ada yang jogging dan juga bersepeda. Petugas sudah menyediakan jalur khusus bagi pesepeda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini