Share

3 Pengganjal Kartu ATM Ditangkap, 1 Diantaranya Ambruk Ditembak

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Senin 10 Agustus 2020 21:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 338 2260030 3-pengganjal-kartu-atm-ditangkap-1-diantaranya-ambruk-ditembak-4xirT5IKPC.jpg Pelaku pengganjal ATM di Kota Bogor (foto: Okezone.com/Putra)

BOGOR - Satuan Reskrim Polresta Bogor Kota menangkap tiga kawanan pengganjal kartu mesin ATM lintas kota/kabupaten. Salah satu tersangka terpaksa ditembak di bagian kakinya karena melawan petugas.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Hendri Fiuser mengatakan ketiga pelaku yakni berinisial UN, HR dan KA setelah beraksi di gerai ATM SPBU Jalan Raya Cilendek, Kecamatan Bogor Barat beberapa waktu lalu. Aksi mereka pun terekam kamera CCTV.

"Kita amankan tiga orang tersangka kejadian 13 Juli 2020 dan ditangkap 21 Juli 2020 dengan kerugian korban Rp115 juta. Kita amankan di Tol Cipali, satu orang dilumpuhkan," kata Hendri, Senin (10/8/2020).

Hendri menjelaskan, modus para pelaku adalah mengganjal lubang kartu mesin ATM dengan korek api kayu. Kemudian, pelaku menukar kartu ATM korban dengan kartu lain yang sudah disiapkan.

 Penangkapan

"Mereka nunggu di ATM, jadi kalau ada sasaran langgsung masuk mengganjal dengan korek api. Otomatis nanti korban tidak bisa masuk ATM-nya. Satu orang pura-pura membantu, tapi kartu ATM korban dengan cepat ditukar kartu lain. Karena sudah lihat pin korban, langsung pergi," jelasnya.

Kepada polisi, lanjut Hendri, ketiga pelaku mengaku sudah berkasi dibeberapa wilayah seperti Bogor, Jakarta, Bandung dan lainnya. Atas perbuatannya, mereka dijerat Pasal 363 KUHP dan Pasal 378 KUHP tentang Pencurian dan atau Penipuan.

"Ancamannya 5 tahun penjara. Kita juga masih pengembangan dua pelaku yang DPO," tutup Hendri.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini