Epidemiolog Sarankan Pemprov DKI Kembali ke PSBB Awal

Muhamad Rizky, Okezone · Selasa 11 Agustus 2020 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 338 2260135 epidemiolog-sarankan-pemprov-dki-kembali-ke-psbb-awal-zQETwaXoqV.jpg Polisi melakukan pemeriksaan saat penerapan PSBB di Jakarta (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ahli Epidemiologi Universitas Indonesia Hermawan Saputra menilai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi yang dilaksanakan di DKI Jakarta tidak efektif dalam menekan laju virus corona atau Covid-19.

Menurut Hermawan, Pemprov DKI harus kembali melakukan evaluasi pada PSBB Transisi yang akan berakhir pada 13 Agustus 2020 mendatang, dengan mengembalikan kepada PSBB awal.

"Kalau PSBB (transisi) itu mau dikembalikan atau di evaluasi kembalikan kepada PSBB optimum seperti awal sekali, yang terbukti menahan laju Covid-19 dan bisa mengendalikan Covid-19," kata Hermawan kepada Okezone, Selasa (11/8/2020).

Baca Juga:  Pejabat Satpol PP dan Setda Kota Bogor Positif Covid-19

Hermawan melihat penerapan PSBB Transisi tak ubahnya seperti kondisi normal biasa sehingga perkembangan kasus terus meningkat.

Hal itu dapat dilihat dengan kembali terbuka luasnya aktivitas masyarakat, perkantoran, tempat liburan yang justru membuat perkembangan kasus positif baru terus bertambah setiap hari.

Karena itu, ia berharap Pemrov DKI bisa bijaksana dalam menentukan kebijakan jelang berakhirnya masa PSBB Transisi di Jakarta. "Mudah-mudahan pemerintah bijak dan PSBB (awal) diberlakukan kembali," tandasnya.

Baca Juga: Berikut Sebaran 127.083 Kasus Covid-19 di 34 Provinsi

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini