Epidemiolog UI: PSBB Transisi Fase I di DKI Jakarta Seharusnya Dihentikan!

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 12 Agustus 2020 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 338 2260742 epidemiolog-ui-psbb-transisi-fase-i-di-dki-jakarta-seharusnya-dihentikan-WGvhE34KtB.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA - Kepala Departemen Epidemiologi FKM UI, Tri Yunis Miko Wahyono menilai, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi fase I tidak berhasil menurunkan angka kasus Covid-19 di Ibu Kota.

DKI Jakarta tercatat masih menjadi provinsi dengan kasus penularan Covid-19 terbanyak di Indonesia. Kata Miko, seharusnya Pemprov DKI Jakarta mengevaluasi kebijakan PSBB transisi fase I.

"Jadi PSBB transisi seharusnya dihentikan, menjadi PSBB beneran," kata Wiko saat dihubungi Okezone, Rabu (12/8/2020).

Meski demikian, Miko juga mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk memulihkan perekonimiannya setelah adanya krisis ekonomi dan krisis kesehatan lantaran pandemi Covid-19.

 PSBB

Miko menilai, penanggulangan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi bisa dilakukan secara bersamaan dengan melakukan kajian dalam penerapan kembali PSBB.

"Jadi harus diperhitungkan apakah tingkat RW, tingkat kelurahan apa tingkat kecamatan, hingga kota madya. Jadi menurut saya saat ini (harus) menguntungkan secara ekonomi karena ekonomi juga harus berjalan," jelasnya.

Menurut Miko, Gubernur DKI Jakarta bisa menghitung kerugian ekonominya seperti apa bila kembali menerapkan PSBB guna mengendalikan wabah corona.

"Kemudian evakuasi penunggalangan Covidnya harus juga dievakuasi. Bagaimana tingkat kecamatan, atau setiap kelurahan atau RT dan RW. Jadi menurut saya, karena harus yang diperangi itu tingkat kasusnya per klasternya," tandasnya.

 

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini