Ada Bangunan Bersejarah, Sebagian Proyek Revitalisasi Stasiun Bekasi Dihentikan

Wisnu Yusep, Okezone · Rabu 12 Agustus 2020 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 338 2260911 ada-bangunan-bersejarah-sebagian-proyek-revitalisasi-stasiun-bekasi-dihentikan-RM6k5Ls3kd.jpg Bangunan bersejarah di bawah tanah Stasiun Bekasi (Foto : Istimewa)

BEKASI – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengaku sudah menerima surat dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi terkait dengan penemuan sisa struktur bangunan dari batu bata di tengah proyek revitalisasi Stasiun Kota Bekasi.

"Sudah," kata Kepala Balai Teknik Perkerataapian Wilayah Jakarta-Banten Rode Paulus ketika dihubungi wartawan, Rabu (12/8/2020).

Paulus mengatakan, pihaknya selama ini melakukan koordinasi dengan balai pelestarian cagar budaya dalam setiap pembangunan.

"Sehingga temuan (di Stasiun Kota Bekasi) tersebut telah diduga sebelumnya. Untuk memastikan kembali, akan dilakukan koordinasi lebih lanjut," jelas dia.

Bila benar temuan sisa struktur di Stasiun Kota Bekasi merupakan banguan sejarah, selanjutnya pihaknya akan melakukan rapat dengan instansi terkait untuk menentukan langkah selanjutnya.

Baca Juga : 150 Kabupaten/Kota Tercatat Kasus Positif Corona Sebanyak 11 hingga 50 Orang

Baca Juga : Alumni SMK Bobol Sekolah Sendiri, Alasannya Bikin Geleng-Geleng Kepala

"Dalam UU. Pelestasian cagar budaya ada beberapa cara dalam usaha pelestarian, sehingga perlu dirapatkan dengan instansi terkait," katanya.

Untuk sementara ini, kata dia, revitalisasi Stasiun Kota Bekasi yang didapati temuan sisa struktur banguan itu dihentikan.

"Untuk sementara revitalisasi di daerah yang diduga tersebut dihentikan sementara sampai join inspeksi dengan balai pelestarian cagar budaya. Tetapi untuk area lain tidak," ungkap dia.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini