Gubernur Anies Susun Aturan Baru Skuter Listrik

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 14 Agustus 2020 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 338 2262115 gubernur-anies-susun-aturan-baru-skuter-listrik-Yo95TJiReY.jpg foto: Okezone

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih menyusun regulasi untuk penggunaan sekuter listrik untuk dapat beroperasi di Ibu Kota.

(Baca juga: Polisi: Skuter Listrik Nantinya Hanya Bisa Digunakan di Kawasan Tertentu)

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, Gubernur DKI Jakarta akan menerbitkan peraturan gubernur (Pergub) sebagai payung hukum untuk skuter listrik.

"Untuk ketentuan penggunaan e-skuter atau AMP (Alat Mobilitas Personal-red) di Jakarta, masih dalam proses penyusunan regulasinya dalam bentuk Pergub," kata Syafrin dalam keterangannya, Jumat (14/8/2020).

Syafrin menerangkan, saat ini skuter listrik hanya bisa beroperasi dalam lingkungan terbatas seperti di lokasi wisata, hingga kawasan Glora Bung Karno (GBK).

"Untuk GrabWheels masih beroperasi dalam kawasan atau lingkungan terbatas seperti lokasi wisata, GBK," tutupnya.

Seperti diketahui, penggunaan sekuter listrik dilarang setelah adanya pristiwa tewasnya pengguna GrabWheels yang tewas akibat kecelakaan di kawasan GBK pada 10 November 2019 lalu.

Pemprov DKI tengah menyusun Pergub untuk payung hukum operasional skuter listrik di Ibu Kota dengan melibatkan Kememhub, komunitas sekuter, dewan transportasi kota, hingga NGO.

Pergub itu nantinya akan mengatur batas kecepatan sekuter listrik atau otopet, hingga penggunaan helm, dan deker untuk pelindung tulang bagi penggunanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini