Masyarakat Jakarta Diperbolehkan Sambut Tahun Baru Islam di Tengah Pandemi Covid-19

Bima Setiyadi, Koran SI · Rabu 19 Agustus 2020 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 338 2264407 masyarakat-jakarta-diperbolehkan-sambut-tahun-baru-islam-di-tangah-pandemi-covid-19-0dLRRyb1EZ.jpg Pawai Obor saat Tahun Baru Islam (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Masyarakat Jakarta diperbolehkan memperingati tahun baru Islam atau 1 Muharram, yang jatuh pada Kamis (20/8/2020). Terpenting masyarakat tetap mentaati protokol kesehatan Covid-19 selama beraktivitas.

Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri DKI Jakarta, Mawardi mengatakan, sampai saat ini Pemprov DKI Jakarta belum mengumumkan apakah akan ada perayaan tahun baru islam atau tidak.

Menurutnya, masyarakat tidak dilarang untuk menyambut 1 Muharram. Dia mengimbau masyarakat untuk menaati protokol kesehatan penularan Covid-19, guna memutus munculnya klaster baru kasus corona di kegiatan keagamaan.

"PSBB masih berlaku dan agar mengikuti protokol kesehatan," kata Mawardi kepada wartawan, Rabu (19/8/2020).

 1 Muharram Pawai Obor

Mawardi menyarankan, bagi masyarakat DKI yang ingin menyelenggarakan perayaan keagaam 1 Muharram untuk melapor ke aparat wilayah. "Koordinasi dengan aparat wilayah," ungkapnya.

Pada 2019 lalu Pemprov DKI menggelar kegiatan Jakarta Muharram Festival untuk memeriahkan tahun baru Islam. Jakarta Muharram Festival digelar di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia pada Sabtu 31 Agustus 2019 lalu dan dibuka oleh ceramah ustaz Maulana.

Festival ini juga dimeriahkan oleh berbagai artis seperti Kotak, Wali, Potret, Pasha, Opick, Koes Plus Junior, Wika Salim, Kanda Brothers, Jiung Band, Takaeda, dan Hijab Band.

Selain Muharram Concert, festival tahun lalu juga memiliki beragam acara, pertunjukan dan penampilan. Mulai dari Halal Food Festival, Beauty Jakarta Festival, Muharram Concert, Piala Gubernur Pawai Obor, dan Fire Dance.

Warga juga bisa menyaksikan penampilan kesenian khas Betawi seperti Tari Topeng, Palang Pintu, Lenong dan Pantun, hingga Ondel-ondel feat Perkusi Marawis.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini