Libur Panjang, Warga Bekasi Manfaatkan Liburan Gratis di Situ Rawa Gede

Wisnu Yusep, Okezone · Kamis 20 Agustus 2020 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 20 338 2265077 libur-panjang-warga-bekasi-manfaatkan-liburan-gratis-di-situ-rawa-gede-oj9zZTM1D3.jpg Situ Rawa Gede di Bekasi (foto: Okezone.com/Wisnu)

BEKASI – Wisata air di Situ Rawa Gede, Kelurahan Bojong Menteng, Kecamatan Rawa Lumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat diserbu ratusan wisatawan lokal pada Kamis 20 Agustus 2020.

Pantauan Okezone di lokasi, warga baik dari dalam kota maupun luar Kota Bekasi sejak pagi sudah menyesaki Situ yang berdiri sejak 2019 itu.

Warga yang ingin berlibur di Situ Rawa Gede ini memanfaatkan untuk menunggangi getek, maupun perahu yang dirakit oleh pengelola.

 Baca juga: Lalin Sore di Puncak Bogor Ramai Lancar, Polisi Berlakukan One Way Arah Jakarta

Hingga pukul 15.00 WIB warga terlihat masih berbondong-bondong untuk berwisata air di tengah-tengah pisat kawasan pabrik ini.

Mereka tidak merogoh kocek sepeser pun. Mereka hanya dikenakan tarif parkir sebesar Rp5.000 rupiah sekali mengunjung. Sementara ketika warga yang ingin menikmati wahana air seperti perahu, mereka hanya diminta seiklasnya.

 Baca juga: Tak Pakai Masker, Puluhan Wisatawan di Puncak Kena Denda Rp100 Ribu 

"Gak dikenain, kita kenain dari parkiran aja, karena untuk menjaga juga. Sementara, kalau ingin masuk ya gratis gak dipungut biaya," ujar Ketua Kelompok Pemuda Peduli Lingkungan (KPPL) Situ Rawa Gede Krisda Codet ketika ditemui Okezone di lokasi, Kamis (20/8/2020) petang.

Termasuk ketika mereka harus menikmati wahana air seperti naik perahu. Mereka hanya membayar seiklasnya. "Kecuali memang kalau dipesan, kalau kaya hari-hari begini biasa gak harus bayar," ujar dia.

Sementara pengunjung asal Jatiasih, Sri mengaku penasaran dengan Situ Rawa Gede ini karena katanya gratis alias tidak bayar.

"Ternyata benar, hanya parkir saja. Itu mah udah lumrah. Cuma kalau untuk ke dalam kan gratis," ungkap wanita dua anak ini, ketika menjajal perahu baru yang dibuat oleh KPPL.

Dia berharap Situ Rawa Gede ini tidak komersil ketika nanti pengunjung sudah meningkat. Biasanya, kata dia, setiap wisata akan berbuat seperti itu bila nanti sudah dikenal.

"Kita harapanya begitu, kan apalagi sekarang lagi corona, kita juga butuh menyegarian pikirian, tapi tetap mematuhi protokol kesehatan," jelas dia.

Wisata gratis di tengah pusat perkotaan ini merupakan inisiatif warga yang tadinya memanfatkan danau yang tak terurus. Selain karena untuk menobrak ketakutan warga, juga untuk memanfatkan membantu warga sekitar yang tinggal di dekat Situ Rawa Gede ini.

"Kita gak mungut apapun ke warga, silahkan kalau memang ingin berdagang. Membantu UMKM disini juga," beber dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini