Kasus Covid-19 Kembali Meningkat, Bupati Tangerang : Kedisiplinan Masyarakat Turun

Isty Maulidya, Okezone · Jum'at 21 Agustus 2020 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 21 338 2265405 kasus-covid-19-kembali-meningkat-bupati-tangerang-kedisiplinan-masyarakat-turun-MfgSls9fNm.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

TANGERANG - Kasus Covid-19 di Kabupaten Tangerang kembali meningkat. Kini wilayah Tangerang kembali memasuki zona oranye setelah sebelumnya sudah berada di zona kuning.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan bahwa kesadaran masyarakat terhadap penggunaan masker dan menjaga jarak justru semakin menurun. Terlebih lagi saat berada di ruang publik seperti tempat hiburan dan tempat perputaran ekonomi masyarakat. Banyak masyarakat yang kini lengah dan mengabaikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

"Tingkat kedisiplinan masyarakat tentang 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan) semakin hari semakin menurun jadi kita harus segera kembali ke masyarakat untuk mengingatkan bahwa pandemi Covid-19 itu masih menghantui dan mengancam kita semua," ujar Zaki, Jumat (21/8/2020).

Zaki juga menyayangkan sikap masyarakat yang mengabaikan imbauan dari pemerintah untuk menghindari kerumunan. Seperti yang terjadi saat perayaan Kemerdekaan RI beberapa waktu lalu, masyarakat banyak yang tetap mengadakan perlombaan yang memicu kerumunan walaupun sudah ada imbauan dari pemerintah sejak jauh hari.

"Kemarin saat 17 Agustus sudah ada surat edaran dua minggu sebelum perayaan Agustusan, tetap saja masyarakat melakukan lomba-lomba, ini harus menjadi perhatian bahwa untuk selanjutnya tidak ada kerumunan massa lainnya," kata Zaki.

Baca Juga : Perempuan yang Hendak Lompat dari Flyover Pasar Rebo Diduga Frustrasi Masalah Asmara

Baca Juga : Calon Pemilih Disebut Meninggal, KPU: Orangnya Masih Seger!

Tak hanya itu, Zaki juga mengingatkan camat dan lurah setempat untuk mengawasi masyarakat yang menggelar resepsi pernikahan. Petugas keamanan seperti polisi juga diminta ikut mengawasi saat resepsi berlangsung. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa resepsi digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

"Saya ingatkan kepada Camat untuk resepsi pernikahan dan lain sebagainya bahwa setiap resepsi bisa hadir para petugas untuk mengingatkan dan ada perwakilan dari Polsek kalau bisa dari Babinsa dan harus ada perwakilannya untuk mengingatkan mengenai protokol Covid-19 yang dijalankan," kata Zaki.

Atas dasar hal tersebut, Pemkab Tangerang telah mengagendakan pertemuan dengan perangkat daerah setempat termasuk juga tokoh masyarakat untuk membahas situasi terkini di kabupaten Tangerang. Tokoh masyarakat yang ikut hadir juga diharapkan bisa menyampaikan pesan kepada warganya untuk tidak lengah karena pandemi Covid-19 masih berlangsung.

"Semua elemen masyarakat diundang, kita beri tahu kondisi terakhir Kabupaten Tangerang ini sudah masuk ke zona resiko sedang atau Zona Orange oleh karena itu kita semua jangan berleha-leha," pungkas Zaki.

Berdasarkan data yang didapatkan dari situs resmi Covid-19 Kabupaten Tangerang pada Jumat (21/08/2020) jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 berjumlah 542 kasus. Sebanyak 374 pasien sembuh, dan meninggal 18 orang. Kemudian Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah total 1.018 kasus, dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 1.210 kasus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini