Hipnotis Penjaga Konter HP di Bekasi, 2 WN Iran Diamuk Massa

Abdullah M Surjaya, Koran SI · Senin 24 Agustus 2020 01:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 23 338 2266228 hipnotis-penjaga-konter-hp-di-bekasi-2-wn-iran-diamuk-massa-ha8MLkYnvM.jpg WN Iran yang hipnotis penjaga konter handphone dan gasak uang Rp5 juta ditangkap Polres Metro Bekasi Kota. (Foto : Dok Polres Metro Bekasi Kota)

BEKASI – Dua warga negara asing (WNA) asal Iran babak belur diamuk massa usai beraksi di sebuah konter handphone (HP) di Jalan H Jole RT 3/3, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi, Sabtu (22/8/2020). Tersangka Farshad Heidari Moghadam (23) dan Reza Pous (24) langsung diamankan polisi dari amukan massa. 

“Kedua warga negara Iran tersebut merupakan pelaku penipuan dengan modus hipnotis dan beraksi di sebuah konter handphone,” kata Kepala Subbagian Humas Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi Kota, Kompol Erna Ruswing Andari, Minggu (23/8/2020).

Menurutnya, kedua tersangka saat ini sudah diamankan dan sedang diinterogasi penyidik.

Kedua tersangka selama ini tinggal di Apartemen Red Doorz Kelapa Gading, Jakarta Utara. Keduanya mendatangi konter milik Bong Aryanto sekitar pukul 17.37 WIB dengan mengendarai Toyota Avanza warna putih bernomor polisi B 1349 BIO atas nama STNK Ilyas yang disewa di rental wilayah Menteng, Jakarta Pusat.

Layaknya pelanggan, keduanya bermaksud membeli charger handphone. Saat itu, mereka dilayani karyawan bernama Yuliana.

WN Iran hipnotis penjaga konter HP dan gasak uang jutaan rupiah ditangkap polisi. (Foto : Dok Polres Bekasi Kota)

Kemudian pelaku mengalihkan pembicaraan menukar uang kepada korban. Namun, secara setengah sadar korban mengeluarkan uang yang berada di laci kasir dan uang tersebut sudah berpindah tangan kepada pelaku.

“Uang itu sebesar Rp5 juta. Karyawan tidak sadar dan menyerahkan uang itu,” ujarnya.

Setelah berhasil menggasak uang itu, kedua warga Iran tersebut langsung pergi. Di saat bersamaan, korban tersadar merasa dihipnotis. Korban keluar konter dan berteriak maling kepada kedua pelaku. Alhasil, kedua pelaku langsung panik.

Pelaku kabur menggunakan mobil ke arah perumahan Zamrud dan sempat menabrak beberapa kendaraan. Dikarenakan macet, pelaku putar arah menuju perumahan Bekasi Timur Regency dan berusaha melarikan diri dari amukan massa.

Di depan kolam renang Perum Bekasi Timur Regency, pelarian pelaku berhenti dikarenakan diadang massa. Kemudian anggota Polsek Bantargebang mengamankan kendaraan dan pelaku. Saat ini korban dan barang bukti telah diamankan ke Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Bekasi Kota untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Heri Purnomo menambahkan, kedua pelaku merupakan saudara kandung dan berwarga negara Iran. Mereka sudah tinggal di Indonesia sudah 1 tahun lebih. Mereka menyewa mobil sehari Rp250 ribu.

“Saat beraksi kedua pelaku tidak membawa identitas maupun dokumen lainya,” katanya.

Baca Juga : Pria di Bogor Ngaku Kena Hipnotis di Angkot, Beli Burung Sawah Sampai Rp4 Juta

Heri menduga pelaku telah melakukkan tindak pidana penipuan di tempat lainnya dengan modus hipnotis. Untuk memastikanya, petugas masih melakukan pendalaman dan menginterogasi kedua tersangka.

“Masih kita dalami dan keduanya masih dilakukan interogasi terkait sepak terjangnya di Indonesia,” tuturnya.

Baca Juga : Modus Gandakan Uang, Kakek asal Toraja Hipnotis Warga hingga Rugi Belasan Juta

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini