Ada Klaster Baru di Tangerang, 43 Karyawan Pabrik Positif Corona

Isty Maulidya, Okezone · Senin 24 Agustus 2020 20:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 24 338 2266790 ada-klaster-baru-di-tangerang-43-karyawan-pabrik-positif-corona-2owwbu85us.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

TANGERANG - Kasus positif cirus corona atau Covid-19 di Kota Tangerang mengalami peningkatan yang cukup tajam. Data terbaru menunjukkan adanya klaster baru yang muncul di salah satu pabrik di wilayah Jatiuwung, Kota Tangerang. Di mana sebanyak 43 karyawan dinyatakan positif Covid-19 setelah sebelumnya diketahui hanya ada 1 kasus.

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengatakan awalnya ada satu orang yang diketahui terinfeksi Covid-19. Kemudian dari pihak pabrik berinisiatif untuk melakukan rapid test terhadap karyawan lainnya. Hasil rapid test kemudian menunjukan sebanyak 60 karyawan dinyatakan reaktif.

Kemudian dilakukan PCR Test terhadap karyawan yang reaktif. "Awalnya satu kasus, lalu setelah dilakukan rapid test ditemukan 60 orang reaktif. Dari 60 orang itu dilakukan test PCR dan hasilnya 43 orang dinyatakan positif Covid-19," ujar Arief, Senin (24/8/2020).

Arief meduga, kemungkinan besar penularan terjadi di ruang ganti pakaian dan di tempat makan. Kecil kemungkinan tertular di tempat produksi karena di ruang produksi seluruh karyawan menggunakan APD.

Baca Juga : 5 Napi Lapas Mojokerto Positif Virus Corona

Baca Juga : Ini Awal Mula Balita di Luwu Timur Dicekoki Miras hingga Mabuk 

Dirinya pun meminta pihak pabrik untuk menata ulang ruang ganti dan tempat makan agar sesuai dengan protokol kesehatan. "Menurut saya penularannya di tempat makan. Karena di dalam ruang produksi yang ber-AC mereka kerja pakai APD," kata Arief.

Dari 43 orang yang tertular Covid-19 tersebut di antaranya terdapat warga Kabupaten Tangerang berjumlah 26 orang sementara 17 lainnya merupakan warga Kota Tangerang.

Pemkot Tangerang juga tidak mengambil langkah menutup pabrik, namun setiap divisi yang karyawannya dinyatakan positif Covid-19 diizinkan untuk bekerja dari rumah.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini