Kecolongan soal Venesia Karaoke, Pemkot Tangsel Klaim Telah Lakukan Pengawasan

Hambali, Okezone · Senin 24 Agustus 2020 22:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 24 338 2266837 kecolongan-soal-venesia-karaoke-pemkot-tangsel-klaim-telah-lakukan-pengawasan-i8LkVSWKT4.jpg Kepala Satpol PP Kota Tangsel Mursinah. (Foto : Okezone.com/Hambali)

TANGERANG SELATAN – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengaku telah melakukan pengawasan terhadap seluruh lokasi hiburan malam. Termasuk Venesia Karaoke & Spa yang beberapa hari lalu digerebek Bareskrim Mabes Polri.

Kepala Satpol PP Kota Tangsel, Mursinah, menegaskan, pihaknya jauh sebelum penggerebekan kemarin telah melakukan razia pula ke Venesia Karaoke. Namun tak ada pelanggaran yang memungkinkan diberinya sanksi keras kepada pengelola.

"Sebelumnya juga kami sudah melakukan pengawasan, monitoring. Tapi sesuai tupoksi kami, saat itu tidak ada pelanggaran atas Perda, Perwal," katanya kepada Okezone, Senin (24/82 /2020).

"Jadi saat razia ke sana (Venesia) kami membutuhkan waktu 25 sampai 30 menit untuk bisa masuk ke dalam. Begitu masuk ke dalam, ya memang tidak ada apa-apa, sudah bersih," ucapnya.

Mursinah menjelaskan, pihaknya hanya mengacu pada ketentuan Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Wali Kota (Perwal). Sehingga jika ada pelanggaran di luar itu, seperti tindak pidana perdagangan orang (TPPO), bukan lagi ranah pihaknya.

"Kan kalau kami bekerja sesuai kewenangan saja. Kalau TPPO itu kan ranahnya polisi, jadi penyidikan di sana. Tentu kami sangat mengapresiasi keberhasilan Bareskrim atas pengungkapan kemarin," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Dadang Sofyan, memastikan jajarannya tak terlibat sama sekali atas beroperasinya praktik prostitusi dan TPPO di Venesia Karaoke & Spa. Menurut dia, pembinaan dan sosialisasi rutin dilakukan terhadap usaha-usaha hiburan dan rekreasi yang terdaftar.

"Saya jamin tidak ada oknum yang terlibat. Kalau kita kan ada sosialisasi, pembinaan, monitoring. Itu terus berjalan," tuturnya.

Dia pun menceritakan, beberapa minggu belakangan berlangsung audiens dengan pengelola hiburan malam. Mereka meminta diperbolehkan beroperasional kembali. Namun karena belum diizinkan dalam Perwal PSBB, permintaan itu ditolak.

Baca Juga : Praktik Prostitusi Terbongkar, Izin Venesia Karaoke & Spa di Tangsel Akhirnya Dicabut

"Mau bagaimana lagi, kalau dalam aturannya belum boleh ya harus dilakukan. Kita akan tegas intinya," tutur Dadang.

Baca Juga : Kecolongan Kasus Prostitusi di BSD, Kepala Satpol PP Tangsel Bakal Dipanggil

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini