Jadi OTG Covid-19, Puluhan Warga Tambora Diisolasi di Gor Pekojan

Mohamad Yan Yusuf, Sindonews · Selasa 25 Agustus 2020 10:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 338 2266958 jadi-otg-covid-19-puluhan-warga-tambora-diisolasi-di-gor-pekojan-VJVXovbXfJ.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA - Sebanyak 10 warga Kalianyar, Tambora, Jakarta Barat jalani isolasi mandiri di GOR Pekojan, Tambora, Jakarta Barat. Mereka mengisolasi diri setelah terindikasi Covid-19.

Kasudin Kesehatan Jakarta Barat, Kristi Wathini mengatakan, bahwa isolasi mandiri di GOR dipilih lantaran kesepuluh warga itu tinggal di tempat tidak layak untuk isolasi.

"Tambora itukan pemukiman padat. Jadi banyak rumah yang tidak layak untuk dijadikan tempat isolasi. Akhirnya kami putuskan di GOR Kecamatan," kata Kristy dikonfirmasi, Selasa (25/8/2020).

 Baca juga: Kasus Baru Covid-19 Masih Tinggi, DPRD DKI : Pemprov Pro Aktif Testing

Kristi beralasan mereka tak dibawa ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet lantaran masuk dalam Orang Tanpa Gejala (OTG) sehingga diperbolehkan jalani isolasi mandiri.

Namun, ketika Puskesmas Tambora mengecek rumah mereka, rumah tersebut dianggap tidak layak untuk jadi tempat isolasi mandiri. Karena itu, bersama lurah dan pengurus RW setempat diputuskan agar 10 warga itu diisolasi di GOR terdekat.

 Baca juga: Epidemiolog Harap Sanksi Denda di Jakarta Dapat Dijalankan dengan Tegas

Kristi menjamin bahwa isolasi di GOR sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP), salah satunya mendapatkan makan dan kebutuhan pokok.

"Warga yang diisolasi sudah hampir 10 hari di GOR. Jadi massa isolasinya sudah hampir selesai," papar Kristi.

Kristi menjelaskan, kesepuluh warga itu bukan berasal dari satu keluarga yang sama. Mereka merupakan warga dari kepala keluarga berbeda.

Saat ini, lanjut Kristi, ada 30 warga yang terinfeksi Covid-19 di Tambora, Jakarta Barat. Namun hanya 10 warga yang rumahnya dinyatakan tidak layak untuk isolasi, mereka kemudian ditempatkan di GOR kecamatan, sementara 20 lainnya jalani isolasi mandiri di rumah masing masing.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini