Flyover Lenteng Agung Rampung Tahun Ini, Atap Rumah Warga Dicat Warna-warni

Bima Setiyadi, Koran SI · Selasa 25 Agustus 2020 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 338 2267169 flyover-lenteng-agung-rampung-tahun-ini-atap-rumah-warga-dicat-warna-warni-6EgjDMxBub.jpg Flyover Lenteng Agung (Foto : Twitter/@KotaJaksel)

JAKARTA - Atap rumah warga yang bermukim di sektar Jalan layang tapal kuda Lenteng Agung dan Tanjung Barat, Jakarta Selatan, bakal jadi warna-warni.

Hal tersebut bertujuan untuk menambah nilai estetika pada jalan layang tersebut ketika sudah resmi dipakai masyarakat.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, sesuai intruksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, atap genteng rumah warga sekitar lokasi jalan layang tapal kuda akan dikelir. Gubernur Anies meminta supaya warga yang tinggal di lokasi area tapal kuda bisa diajak bicara mengenai rencana pengecatan atap rumah ini

Namun, Hari tidak menjelaskan secara detail pengecatan atap genteng tersebut. Sebab, proses pengerjaannya dilakukan oleh Wali Kota setempat.

"Rencananya pengecatan genteng rumah warga itu dilakukan pada tahun ini seiring tuntasnya pembangunan proyek flyover," kata Hari Nugroho saat dihuhungi, Selasa (25/8/2020).

Proyek jalan Layang Tapal Kuda ini dibangun untuk mengurai kemacetan dan membuat lintasan tak sebidang di rel kereta api Lenteng Agung yang kerap membahayakan.

Adapun Proyek ini sudah digenjot sejak Oktober tahun lalu. Proyek itu dibangun oleh dua kontraktor. PT Jakarta Kontruksi yang menangani flyover Tanjung Barat. Bangunan itu mempunyai total panjang 1.120 meter, di sisi selatan 470 meter, sisi utara 580 meter dengan lebar 8 meter dan tinggi 6,5 meter.

Flyover berbentuk huruf U itu di bangun di putaran balik depan kampus IISIP Lenteng Agung dan Poltangan di Jalan Tanjung Barat Raya.

Baca Juga : Bamsoet Ingatkan Banpres UMKM Rp2,4 Juta/Orang Harus Tepat Sasaran

Baca Juga : Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19, Kapolda Jabar Siap Mental dan Fisik

Sementara flyover Lenteng Agung dibangun oleh PT PP. Bangunan ini mempunyai panjang total 880 meter dengan rincian sisi barat depan IISIP 430 meter dan sisi timur 450 meter.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih terus mengebut proyek tersebut yang ditargetkan rampung pada tahun ini. Saat ini progres pengerjaan proyek itu sudah mencapai 75 persen.

"Bina Marga kini fokus pada finishing konstruksi bangunan dan penataan area di sekitar flyover," pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini