PKS Apresiasi Usul Anies Perbolehkan Sepeda Balap Masuk Tol

Muhamad Rizky, Okezone · Rabu 26 Agustus 2020 18:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 338 2267953 pks-apresiasi-usul-anies-perbolehkan-sepeda-balap-masuk-tol-aMq7wezMmY.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Ketua Komisi B DPRD DKI Fraksi PKS Abdul Aziz menyambut positif rencana Pemrov DKI Jakarta yang mengusulkan Tol Dalam Kota (Cawang-Tanjung Priok) dapat dilintasi oleh pengendara sepeda atau road bike.

Aziz menyatakan telah mengkonfirmasi langsung rencana tersebut kepada Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo.

"Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kecepatan sepeda balap ini bisa melaju sampai dengan 60 km/jam, dan sangat riskan bila para pengguna sepeda balap ini digabung dalam 1 lokasi dengan pengguna sepeda standar," kata Aziz kepada Okezone, Rabu (26/8/2020).

Karena itu, pengajuan penggunaan jalur tol untuk pesepeda balap justru mengantisipasi kecelakaan bagi pesepeda lainnya. Sehingga, menurutnya membuat lajur khusus bagi sepeda balap lebih aman ketimbang memperbolehkan mereka masuk tol.

"Untuk menghindarai kecelakaan dan dengan pertimbangan keselamatan bagi penggunanya dan masyarakat Jakarta, Pemda DKI membuat termobosan tersebut untuk mengakomodir para pecinta sepeda balap untuk mempunyai trek khusus yang lebih aman. Selama 3 jam di hari Minggu pagi," ujar Aziz.

Baca Juga : Heroik! Wanita Bekasi Mengejar Penjambret Bergolok, Pelaku Berhasil Diringkus

Baca Juga : DPRD DKI Kritik Anies soal Usulan Sepeda Masuk Tol

Dikatakannya, lokasi jalan tol yang digunakan bisa aman bagi pesepeda balap melintas, sebab nantinya akan ada pengawasan petugas dilapangan dan pengguanaan itu dilakukan pada hari libur.

"Saya kira jam 6 sampai 9 pagi di hari Minggu kepadatan cukup lenggang, dan selama dijaga personel-personel dari Dishub dan aparat saya kira cukup aman," tutupnya.

Sebelumnya, surat permohonan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono untuk memanfaatkan ruas jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta (Cawang-Tanjung Priok) bagi pesepeda beredar di kalangan media.

Dalam surat tertanggal 11 Agustus 2020 itu dikatakan bahwa terjadi peningkatan pesepeda setiap minggunya sehingga meminta kepada Kementerian PUPR untuk dapat menggunakan satu ruas jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta (Cawang-Tanjung Priok) sisi Barat sebagal lintasan road bike.

Pada pelaksanannya nanti akan ada pengalihan arus dan rekayasa lalu lintas saat pemberlakuan road bike tersebut. Selain itu tol sisi Barat dari arah Nanas sampai dengan Plumpang juga akan ditutup.

Petugas juga akan menyiapkan pembatas dengan menggunakan traffic cone. Kebijakan ini rencananya bakal dilakukan di hari Minggu pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini