Share

PSBB Transisi DKI Jakarta Dipastikan Kembali Diperpanjang

Arie Dwi Satrio, Okezone · Kamis 27 Agustus 2020 21:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 338 2268678 psbb-transisi-dki-jakarta-dipastikan-kembali-diperpanjang-reKaNo9cfn.jfif Ilustrasi (Dok. Okezone)

JAKARTA - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memastikan bakal memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi fase 1. Pemprov DKI Jakarta baru resmi akan memperpanjang PSBB transisi fase 1, esok hari.

Riza Patria menjelaskan, perpanjangan PSBB transisi dilakukan dengan pertimbangan karena kasus corona (Covid-19) di Jakarta masih tinggi. Jakarta masih tercatat sebagai penyumbang angka tertinggi kasus corona di Indonesia.

"Kita masih perpanjangan ya, masih perpanjangan. Karena angkanya masih cukup tinggi," ujar Riza saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Perpanjangan PSBB masa transisi ini dilakukan selama 14 hari sejak 29 Agustus hungga 11 September, mendatang. Aturan terkait perpanjangan PSBB transisi fase 1 masih sama dengan yang sebelumnya.

"Ya sesuai ketentuan ya, ketentuannya kan dua pekan, dua pekan (perpanjangan)," jelasnya.

Riza mengklaim bahwa situasi pandemi Covid-19 masih cukup terkendali meski akan memperpanjang PSBB transisi fase 1. Hal itu diyakini Riza karena testing atau pemeriksaan orang-orang yang terpapar virus corona di Jakarta cukup tinggi.

"Yang penting semua ini masih dalam kontrol, dalam kendali. Sekali lagi yang paling penting kita semua mendukung harus, wajib, pakai masker di manapun," pungkasnya.

Baca Juga : Kawah Lumpur Meletus, 4 Orang Keracunan & 17 Kerbau Terkubur

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah memperpanjang PSBB masa transisi selama empat kali, yakni pada 3 - 16 Juli, 17 sampai 30 Juli, dan 31 Juli - 13 Agustus, 14 - 27 Agustus, dan 28 Agustus - 11 September.

Seharusnya jika pengendalian virus Covid-19 sudah membaik, maka PSBB transisi bisa memasuki fase dua dan jika lebih baik lagi memasuki masa aman, sehat, dan produktif. Artinya pembatasan akan lebih dilonggarkan dari sekarang.

Namun Anies belum pernah memutuskan DKI masuk PSBB transisi fase dua. Belakangan, Anies juga kerap mengancam akan mengembalikan PSBB ke masa sebelum transisi dengan pembatasan yang lebih ketat.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini