Respons Ditlantas Polda soal Wacana Sepeda Balap Masuk Jalan Tol

Arie Dwi Satrio, Okezone · Jum'at 28 Agustus 2020 07:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 338 2268735 respons-ditlantas-polda-soal-wacana-sepeda-balap-masuk-jalan-tol-0YFy5HGORx.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo enggan banyak berkomentar ihwal wacana pemanfaatan ruas Jalan Tol Dalam Kota untuk sepeda balap atau road bike. Ia memilih menunggu keputusan resmi dari pemerintah pusat soal wacana tersebut.

"Kami menunggu Kementerian PUPR apakah diizinkan atau tidak," kata Sambodo saat dikonfirmasi, Jumat (28/8/2020).

Sambodo memastikan pihaknya akan mengkaji lebih matang dan melakukan survei terlebih dahulu jika Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) menyetujui usulan jalur sepeda di ruas Jalan Tol Dalam Kota. "Kami akan kaji dan survei dulu," singkatnya.

Sekadar informasi, Kadishub DKI, Syafrin Liputo, melihat antusiasme masyarakat terhasap olahraga sepeda cukup tinggi dalam beberapa bulan belakangan ini. Oleh karenanya, Pemprov DKI mengusulkan membuat jalur sepeda di ruas jalan tol.

Baca Juga : Satgas Covid-19 : "Emergency Brake" Sulit Diterapkan dalam Kondisi Saat Ini

Baca Juga : Wali Kota Solok Positif Covid-19, Indra Penciumannya Menurun

"Oleh sebab itu, kami dari Pak Gubernur mengusulkan kepada Pak Menteri PUPR untuk disiapkan satu ruas tol, tepatnya mulai di Kebon Nanas sampai dengan ke arah Priok satu sisi yang akan digunakan sebagai jalur sepeda sementara untuk sepeda road bike," kata Syafrin.

Usulan jalur sepeda di pinggir ruas jalan tol menuai berbagai pro dan kontra dari publik. Kontranya, banyak yang melihat wacana tersebut membahayakan untuk para pesepeda dan juga pengguna jalan tol.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini