Pemprov DKI Buka Bioskop, DPRD: Angka Positif Sedang Naik Jangan Dipaksakan

Arie Dwi Satrio, Okezone · Jum'at 28 Agustus 2020 07:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 338 2268742 pemprov-dki-buka-bioskop-dprd-angka-positif-sedang-naik-jangan-dipaksakan-cmVOt3iExn.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Fraksi PAN, Zita Anjani mengaku tidak sepakat atas kebijakan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang bakal membuka bioskop dalam waktu dekat. Menurut Zita, pembukaan bioskop di saat kasus konfirmasi corona (Covid-19) sedang tinggi adalah cara berpikir yang salah.

"DKI lagi perang, bertempur kalahkan wabah, positivity ratenya lagi naik, kenapa masih sempat berpikir untuk hiburan. Ini cara berpikir yang salah menurut saya. Katanya bassed on data, tapi data yang ada tidak sinkron dengan kebijakan yang dibuat," cetus Zita melalui pesan singkatnya, Jumat (28/8/2020).

Zita meminta agar Anies tidak membenturkan kebijakan membuka bioskop di tengah pandemi Covid-19 dengan faktor ekonomi. Kata dia, penutupan bioskop di saat pandemi memang sudah risiko.

"Yang harus diperhatikan adalah nyawa rakyat, orang mati tidak bisa kita hidupkan kembali. Kalau ekonomi, kita masih punya banyak cara untuk siasati itu," tekannya.

Sebenarnya, kata Zita, mengoperasionalkan kembali bioskop bukan suatu permasalahan. Asalkan, kasus konfirmasi positif corona sudah mulai mengalami penurunan. Namun, jika angka kasus positif Covid-19 masih tinggi, maka jangan memaksa untuk dibuka.

"Buka bioskop sah-sah saja, tapi disaat angkanya lagi naik, tidak bisa kita paksakan untuk buka. Saya paham ini kepentingannya untuk apa, tapi nyawa rakyat tidak bisa jadi pilihan kedua, itu amanat konstitusi kita," tegasnya.

Zita mengaku sudah menyaksikan sendiri betapa bahayanya penularan virus corona. Kata Zita, teman hingga kerabat dekatnya sudah menjadi korban keganasan virus corona. Oleh karenanya, ia meminta agar Anies tidak mempertaruhkan nyawa dengan membuka kembali bioskop di tengah pandemi.

"Kalau ingin warga imunnya naik karena bahagia nonton film, tayangkan saja di stasiun televisi. Biar semuanya nonton di rumah masing-masing," ungkap Zita.

"Saya berharap Pak Anies bisa menahan diri dengan tidak membuka bioskop. Sekarang bukan waktu yang tepat. Masih ada hal lain yang harus jadi prioritas Pemprov DKI hari ini," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini