Pemprov DKI Siapkan 9.000 Titik Layanan Internet Gratis

Bima Setiyadi, Koran SI · Jum'at 28 Agustus 2020 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 338 2269042 pemprov-dki-siapkan-9-000-titik-layanan-internet-gratis-TiRzcsn0qA.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta luncurkan program Jakwifi sebagai upaya perluasan kemudahan akses layanan internet yang tersebar di wilayah kota dan kabupaten. Sedikitnya akan ada 9.000 titik alasan internet gratis yang disediakan Pemprov DKI Jakarta dalam dua bulan ke depan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania mengatakan, dalam kondisi pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat menyesuaikan gaya hidup baru dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan memanfaatkan teknologi digital.

Baca Juga: Hore! Warga Jakarta Kini Bisa Akses Internet Gratis 

Kesempatan ini, kata Atika menjadi momentum bagi Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan percepatan pemanfaatan teknologi berbasis digital dalam tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang akan mengubah kota Jakarta menjadi digital driven city.

Berdasarkan kebutuhan maka dapat diidentifikasi beberapa sektor yang membutuhkan penyediaan akses internet di antaranya sektor pendidikan, sektor ekonomi berbasis e-commerce, layanan pemerintah, sektor komunikasi warga masyarakat.

"Dengan mengacu pada kebutuhan internet tersebut Pemprov DKI Jakarta menginisiasi program internet untuk semua JAKWIFI sebagai upaya perluasan kemudahan akses layanan internet yang tersebar di wilayah kota dan kabupaten," kata Atika di video Youtube Pemprov DKI Jakarta, Jumat (28/8/2020).

Atika menjelaskan, untuk penyediaan akses pelayanan di Jakarta telah dilaksanakan beberapa strategi di antaranya yang pertama, penyediaan akses internet oleh Pemprov DKI Jakarta dengan memperluas dan memaksimalkan kapasitas 2619 titik akses yang telah tersedia serta menyediakan titik akses baru di daerah pemukiman yang saat ini belum tercover. Saat ini, telah dianggarkan 1.200 titik akses untuk wilayah pemukiman padat.

Baca Juga: Hari Ini di Jakarta Lebih Banyak Pasien Sembuh Covid-19 Dibanding Positif

Percepatan perluasan tersebut, Pemprov DKI Jakarta juga melakukan kolaborasi dengan swasta di antaranya dengan PT Bali towerindo sentra dan asosiasi penyelenggara jaringan telekomunikasi atau APJATEL melalui penandatanganan komitmen bersama diharapkan ke depan akan diikuti oleh penyedia jasa Internet atau sektor swasta.

"Berdasarkan strategi tersebut ditargetkan dalam dua bulan ke depan akan tersedia 9 ribu titik akses poin yang dapat diakses pada aplikasi JAKI," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini