Hapus Gengsi Plat B, Tangerang Bakal Sepenuhnya Masuk Wilayah Hukum Polda Banten

Isty Maulidya, Okezone · Jum'at 28 Agustus 2020 19:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 338 2269165 hapus-gengsi-plat-b-tangerang-bakal-sepenuhnya-masuk-wilayah-hukum-polda-banten-qqC6RzBAhG.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

TANGERANG - Seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang diusulkan masuk ke wilayah hukum Polda Banten. Hal tersebut telah disetujui oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dalam Rapat Koordinasi Penataan Daerah.

Zaki menjelaskan di antara 29 kecamatan di Kabupaten Tangerang, saat ini masih ada beberapa yang masuk wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Ke depan ia berharap seluruh kecamatan tersebut bisa masuk ke satu wilayah hukum yaitu wilayah Polda Banten. Sehingga semua urusan yang berhubungan dengan hukum akan diurus oleh Polresta Tangerang yang terletak di Kecamatan Tigaraksa.

"Untuk penetapan wilayah Polresta Tangerang yang penting, satu yang perlu saya tegaskan bahwa 29 Kecamatan di Kabupaten Tangerang masuk ke wilayah hukum Polres Kota Tangerang Tigaraksa," Kata Zaki pada Jumat (28/08/2020).

Hal senada diungkapkan oleh Gubernur Banten Wahidin Halim yang mengatakan bahwa ada beberapa alasan mengapa seluruh kecamatan di Kabupaten Tangerang diusulkan masuk ke wilayah hukum Polda Banten.

Di antaranya adalah masalah koordinasi, masalah sosial, masalah geopolitik, dan ekonomi. Selain itu kebijakan ini juga diharapkan menghapus gengsi plat B kendaraan bermotor. Plat B sendiri dikeluarkan oleh Polda Metro Jaya, sedangkan Polda Banten mengeluarkan plat A.

"Mungkin stigma di masyarakat yang menjadi berat adalah terkait masalah plat nomor, karena masyarakat menganggap dengan plat nomor B itu memiliki gengsi dan pamor yang lebih berbeda dibandingkan dengan plat nomor A. Mungkin itu yang menjadi persoalan di masyarakat," ujarnya.

Jika nantinya pengajuan tersebut disetujui, sebanyak 8 wilayah atau kepolisian sektor yang berada di wilayah administratif Kabupaten Tangerang yang wilayah hukumnya berada di Polda Metro Jaya, akan ditarik ke wilayah hukum Polda Banten.

Wilayah Polsek tersebut meliputi Polsek Cisauk, Legok, Kelapa Dua, Curug, Pagedangan, Teluknaga, Pakuhaji, dan Sepatan

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini