Berkebun Ganja di Tengah Kota Tangerang, Pelaku Kerap Bagikan Cabai ke Warga

Isty Maulidya, Okezone · Senin 31 Agustus 2020 19:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 338 2270418 berkebun-ganja-di-tengah-kota-tangerang-pelaku-kerap-bagikan-cabai-ke-warga-ExmcUpcknw.jpg Polisi temukan kebun ganja di wilayah Karang Tengah, Kota Tangerang. Foto: Isty Maulidya

TANGERANG – Pada umumnya warga bercocok tanam di pedesaan, namun di siapa sangka ada kebun ganja di tengah Kota Tangerang.

Ya, 47 tanaman ganja diamankan polisi dari suatu rumah berlantai dua di Kelurahan Pedurenan, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang, pada Senin (31/8/2020). Tak hanya ganja yang sudah tumbuh, polisi juga menemukan bibit ganja yang siap ditanam.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Sugeng Hariyanto mengatakan bahwa ganja tersebut ditanam di lahan rumah milik tersangka Syam (38). Namun, warga sekitar mengira bahwa yang ditanam itu merupakan cabai. Sebab pelaku juga membagikan cabai kepada warga sekitar.

“Tadi kita juga menemukan ada bibit ganja, tetapi masyarakat tidak tahu karena pelaku juga menanam cabai dan oleh tersangka juga diberikan kepada warga sekitar. Mungkin warga juga tidak terlalu paham sehingga mengira ini tanaman cabai," ujar Sugeng di lokasi temuan ganja pada Senin (31/08/2020).

Sebanyak 4 orang termasuk pemilik rumah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut. Namun, polisi baru menangkap 3 orang pelaku yaitu Syam (38), Jaka (15), dan Iman (21).

Sedangkan 1 orang pelaku lain yaitu Wawan masih dalam pengejaran. Wawan sendiri diketahui sebagai adik dari pemilik rumah dan merupakan otak di balik penanaman ganja.

"Ada satu tersangka atas nama WW dalam pengejaran karena menurut keterangan tersangka yang diamankan, semua diperoleh dari WW," lanjut Sugeng.

Pengakuan dari tersangka, aktivitas tersebut dilakukan sejak Maret 2020. Namun masih ada dugaan aktivitas tersebut sudah berjalan cukup lama. Karena saat digeledah sebagian besar tanaman ganja sudah dipanen, selain itu polisi juga menyita 1 paket berisi 15 gram ganja setengah kering dari tangan Jaka dan Iwan.

Baca Juga:  Keputusan Menteri Pertanian Terkait Ganja, Tetap Mengacu Pada UU Narkotika

"Menurut keterangan tersangka sudah dari Maret 2020. Tapi akan kita selidiki lagi karena tadi sudah ada yang dipanen juga," ujar Sugeng.

Polisi saat ini masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui jaringan edar ganja tersebut. Tak hanya itu, polisi juga masih akan meminta keterangan dari para pelaku yang sudah diamankan untuk menggali informasi mengenai keberadaan Wawan.

"Sementara masih sekitar sini, kita belum tahu. Soal penjualan ini di wilayah mana masih dilakukan pengembangan," pungkas Sugeng.

Baca Juga: Polisi Temukan Ladang Ganja di Karang Tengah Kota Tangerang, Sudah Ada yang Panen 

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini