Progres Pembangunan Underpass Senen Capai 74 Persen

Bima Setiyadi, Koran SI · Selasa 01 September 2020 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 338 2270869 progres-pembangunan-underpass-senen-capai-74-persen-HrIxwqdedh.jpg Proyek pembangunan underpass Senen (Foto : Okezone.com/Arief J)

JAKARTA - Progres pembangunan Underpass Senen Extension, Jakarta Pusat mencapai 74 Persen. Underpass yang menghubungkan jalan Letjen Suprapto menuju Jalan Senen Raya itu dinilai mampu kurangi kemacetan hingga 40 persen.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, Proyek pembangunan Underpass Senen Extension kini masuk dalam tahap penyelesaian pengerjaan kontruksi bagian bawah Underpass.

"Sudah 74 persen progresnya. Masih pengerjaan leveling kontruksi bawah," kata Hari Nugroho kepada wartawan, Selasa (1/9/2020).

Hari menjelaskan, progres Underpass di masa pandemi itu melebih dari target perencanaan sekitar 71 persen. Artinya ada devisi positif sekitar tiga persen. Nantinya, dinding samping underpass akan dipasang Aluminium Composite Panel (ACP) supaya rapi.

Setelah selesai, berikutnya dilakukan pembenahan fasilitas lainnya seperti JPO, halte, dan trotoar.

Hari meyakini dengan pembangunan Underpass Senen Extension ini dapat mengurai kemacetan di kawasan tersebut hingga 40 persen. Dengan adanya underpass ini pengendara dari Jalan Letjend Suprapto bisa tembus langsung ke Jalan Senen Raya, tanpa harus melalui lampu merah di persimpangan Senen.

Baca Juga : Seleksi Juru Bicara KPK, 7 Orang Lolos Tes Administrasi

Baca Juga : Buat Makan Saja Susah, Apalagi Bayar Denda Tak Pakai Masker

"Mudah-mudahan di Desember akhir tahun bisa selesai," jelasnya.

Untuk diketahui, Underpass Senen Extension mempunyai panjang 518 meter, dengan tinggi terowongan 5,2 meter dengan panjang 180 meter dan lebar terowongan sembilan meter. Adapun anggarannya pembangunan Underpass yang dibangun sejak akhir tahun lalu itu mencapai sekira Rp169 Miliar.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini