Polisi Amankan 200 Kg Ganja di Gambir Jakpus

Isty Maulidya, Okezone · Rabu 02 September 2020 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 338 2271295 polisi-amankan-200-kg-ganja-di-gambir-jakpus-6khAIzFXFm.jpg Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana merilisi pengamanan 200 Kg ganja. Foto: Istu Maulidya

TANGERANG - Jajaran Kepolisian Polres Metro Tangerang Kota menggagalkan aksi pengiriman 200 Kg ganja pada Senin (31/8/2020). Ganja tersebut dibawa menggunakan jasa pengiriman barang daring.

Kapolda Metro Jaya lrjen Pol Nana Sudjana mengatakan pengungkapan kasus ini merupakan pengembangan hasil penyelidikan kasus serupa yang terjadi pada akhir Juli lalu di Rest Area Karang Tengah.

Setelah dilakukan penyelidikan, polisi mengetahui informasi adanya pengiriman ganja dari Aceh menuju Jakarta yang sampai pada Minggu (30/8/2020).

"Berawal dari pengungkapan kasus narkotika sebanyak 14,5 Kg ganja pada Juli lalu di Rest Area Karang Tengah. Kemudian dilakukan penyelidikan, bahwa akan ada pengiriman barang serupa dari Aceh menuju Jakarta," ujarnya pada Selasa (2/8/2020).

Setelah mengetahui informasi mengenai pengiriman ganja, polisi langsung melacak penerima barang tersebut. Kemudian diketahui pelaku menggunakan jasa pengiriman daring untuk mengambil barang haram tersebut di wilayah Jakarta Pusat.

Polisi membuntuti mobil yang digunakan mengangkut ganja itu, dan saat berada di wilayah Gambir, Jakarta Pusat, dilakukan penggeledahan dan ditemukan 6 karung berisi ganja.

Baca Juga: Berkebun Ganja di Tengah Kota Tangerang, Pelaku Kerap Bagikan Cabai ke Warga 

"Diketahui bahwa pelaku tidak langsung mengambil barang kiriman tersebut. Namun memesan jasa pengiriman barang online untuk mengambil paket di cargo wilayah Tanah Abang, Jakarta Pusat," lanjut Nana.

Berdasarkan penangkapan tersebut, 2 orang ditetapkan sebagai tersangka yaitu DP dan NB yang sudah diamankan polisi. Tersangka juga mengakui bahwa ganja itu memang benar miliknya dan berasal dari daerah Aceh.

Rencananya semua ganja itu akan diedarkan ke berbagai daerah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

"Ada dua pelaku yang diamankan, rencananya mereka akan mengedarkan ganja tersebut ke berbagai wilayah di Jabodetabek," pungkas Nana.

Baca Juga: Polda Banten Gagalkan Penyelundupan 150 Kg Ganja 

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini