Kadishub Sebut Ganjil-Genap Efektif Batasi Warga Keluar Rumah

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Minggu 06 September 2020 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 06 338 2273396 kadishub-sebut-ganjil-genap-efektif-batasi-warga-keluar-rumah-S50HgyUEcu.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyebutkan bahwa kebijakan ganjil-genap efektif untuk menekan pembatasan kendaraan pribadi di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi.

Ia pun tak menampik adanya peningkatan warga yang beralih ke transportasi umum. Namun, lanjut dia, kebijakan tersebut efektif untuk membatasi warga yang keluar rumah dengan kendaraan pribadi.

"Dari hasil evaluasi kami terpantau bahwa mobilitas warga di tempat-tempat tertentu," kata Syafrin di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (6/9/2020).

 New Normal

Syafrin menerangkan, angka warga yang pergi ke pusat makanan, ke toko bahan makanan, kemudian ke toko-toko obat cendrung turun di angka sekitar 5-6 persen.

"Demikian pula halnya justru pergerakan warga ke pusat-pusat transportasi itu juga turun jadi angkanya sekitar 2 persen dari hasil evaluasi," ucap dia.

Meski demikian. syafrin tak menampik adanya peningkatan warga yang berkunjung ke taman, hingga ruang terbuka hijau lainnya lantaran adanya kebijakan ganjil-genap.

"Ini tentu yang kita harapkan agar aktivitas mereka dalam menjaga kebugaran itu dilakukan di tempat yang memang terbuka selama tidak terjadi pelanggaran protokol kesehatan," tandasnya.

 

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini