Tak Pakai Masker, Mama Muda Kena Sanksi Bersih-Bersih Pasar

Hambali, Okezone · Rabu 09 September 2020 21:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 09 338 2275248 tak-pakai-masker-mama-muda-kena-sanksi-bersih-bersih-pasar-qyqojo0A3i.jpg Pelanggar protokol kesehatan di Tangsel (foto: Okezone.com/Hambali)

TANGSEL - Petugas Satpol PP kembali merazia sejumlah pasar yang berada di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu (9/9/2020). Kali ini, pasar Serpong yang menjadi titik operasi penertiban penggunaan masker.

Sebagian besar pengunjung ataupun pedagang memang kedapatan tak memakai masker, ada pula yang membawa masker namun tak dikenakan dengan benar menutupi mulut dan hidungnya. Tercatat, ada 55 orang yang melanggar ketentuan penggunaan masker di Pasar Serpong.

Mereka pun diharuskan membayar sanksi denda sebagaimana diatur dalam Peraturan Wali Kota (Perwal) Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Di mana disebutkan dalam peraturan itu, pelanggar masker diberi denda sebesar Rp50 ribu.

Para pelanggar bersikeras keberatan membayar denda, mereka mengeluh jika kondisi saat ini membuat pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari menurun drastis. Karena pertimbangan kemanusiaan, denda pun dibatalkan dan disepakati untuk diganti dengan sanksi bersih-bersih pasar.

"Total ada 55 orang, mereka keberatan untuk sanksi denda. Akhirnya kita sepakati sebagai efek jera menggantinya dengan aksi sosial bersih-bersih sampah," terang Kepala Seksi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP Kota Tangsel, Muksin Al-Fachry, kepada Okezone.

Dari 55 orang itu, 20 pelanggar yang paling beresiko tertular Covid langsung dilakukan rapid test di tempat. Satu-persatu pelanggar dirapid oleh petugas dinas kesehatan yang turut berada di lokasi. Namun demikian, hasilnya semua dinyatakan non reaktif.

"Yang dirapid cuma 20 orang, hasilnya negatif semua," terang Muksin.

Saat identitas pelanggar diperiksa, rupanya hanya 10 orang yang ber KTP Tangsel. Sedang sisanya beridentitas Bogor, Depok, dan Kabupaten Tangerang. Razia sempat menarik perhatian pedagang dan pengguna jalan, pasalnya ada seorang perempuan cantik yang kedapatan melanggar lalu disanksi petugas untuk membersihkan sampah.

Perempuan itu bernama Ema, janda berusia 27 tahun. Dia tak banyak berkata-kata saat sejumlah personil menghampiri dan menanyakannya soal masker. Dia hanya tersenyum kecil, sembari sedikit berucap jika lupa tak memakai masker. Para pedagang sekitar ternyata sudah cukup mengenal Ema yang diketahui memiliki lapak usaha di pasar tersebut.

"Dia melanggar juga, tapi koperatif dan siap menjalani sanksi bersih-bersih. Dia punya usaha juga di sini," jelas Muksin.

Seluruh pelanggar termasuk Ema, terlebih dahulu diwajibkan memakai rompi berwarna orange. Di bagian belakang rompi tertera keterangan "Pelanggar PSBB". Selanjutnya mereka memungut dan menyapu sampah yang berceceran di sepanjang jalan, di area Pasar Serpong.

"Kita akan muter terus, memastikan bahwa kedisiplinan warga untuk mengenakan masker, menjaga jarak, itu meningkat," tandasnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini