PSBB Total di Jakarta, Anies: Kita Kalahkan Wabah Ini Bersama-sama

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 10 September 2020 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 338 2275700 psbb-total-di-jakarta-anies-kita-kalahkan-wabah-ini-bersama-sama-7YkM5GrBJZ.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto : tangkapan layar Youtube Pemprov DKI)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, masih ada waktu empat hari ke depan bagi pengelola perkantoran untuk mempersiapkan diri menghadapi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai langkah kebijakan rem darurat (emergency brake policy) untuk menekan penularan Covid-19.

Menurut Anies, keputusan ini diambil berdasarkan indikator utama tingkat kematian (case fatality rate) dan tingkat keterisian rumah sakit (bed occupancy ratio) baik untuk tempat tidur isolasi, maupun ICU yang semakin tinggi dan menunjukkan Jakarta berada dalam kondisi darurat.

Anies menuturkan, Pemprov DKI Jakarta terpaksa menarik rem darurat, dan kembali menerapkan PSBB seperti masa awal dahulu, bukan lagi PSBB Transisi. Dengan kebijakan ini maka sebagaimana arahan Presiden Jokowi, masyarakat dapat bekerja, belajar dan beribadah dari rumah.

"Akan ada waktu empat hari ke depan bagi pengelola perkantoran untuk mempersiapkan diri menghadapi PSBB yang akan kita mulai hari Senin (14/9/2020). Harap persiapkan segalanya dengan baik," ujarnya melalui akun Instagram resminya @aniesbaswedan, Kamis (10/9/2020).

Anies meyakini masyarakat tahu apa yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi PSBB ketat saat ini. Sebab beberapa bulan lalu masyarakat sudah mengalami hal serupa. Pemprov DKI, kata Anies, akan terus memberikan informasi dan panduan secara bertahap dalam hari-hari ke depan.

"Seluruh jajaran Pemprov DKI berkomitmen untuk bekerja keras dan bersiaga penuh selama masa pembatasan ini untuk meringankan beban masyarakat. Kita akan kalahkan wabah ini bersama-sama. Cobaan wabah ini memang besar. Namun, cobaan besar ini bisa berkurang rasa beratnya bila kita saling mendukung," ucapnya.

Kata Anies, Pemprov DKI Jakarta segera berkomunikasi dengan pemerintah tetangga Bodetabek dan berkoodinasi bersama, karena wabah ini dialami sebagai satu daerah megapolitan bersama dan harus kita selesaikan bersama-sama juga.

Baca Juga : Jakarta PSBB Total, Anies : Ganjil-Genap Ditiadakan Mulai 14 September

"Ini saatnya kita bersatu, bergotong-royong melawan virus ini. Kita berdoa pada Allah SWT agar segera mengangkat wabah ini secepatnya. Semoga Allah merahmati kota Jakarta, merahmati Nusantara, dan melindungi kita semua," tuturnya.

Baca Juga : DKI Kaji Sanksi Perusahaan Pelanggar pada PSBB Total

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini