Zona Merah, Wali Kota Depok ke Kang Emil: Kami Kekurangan Alat Tes Swab

Wahyu Muntinanto, Okezone · Selasa 15 September 2020 18:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 338 2278273 zona-merah-wali-kota-depok-ke-kang-emil-kami-kekurangan-alat-tes-swab-aXtuKjmTyR.jpg Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau penanganan Covid-19 di Depok. Foto: Wahyu Muntinanto

DEPOK - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi Kota Depok yang kini menjadi zona merah Covid-19. Ia berkoordinasi dengan pemerintah setempat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, sembari meninjau kesiapan penangan pasien.

Kepada Wali Kota Depok Mohammad Idris, Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil, mengaku siap membantu permasalahan pemerintah setempat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

"Pertama saya mau tanya soal jumlah total rumah sakit rujukan Covid-19 dan terkait kebutuhan swab PCR dan PCM," tanya Ridwan Kamil di RSUD Depok," Selasa (15/9/2020).

Kemudian, sejumlah permasalahan terkait penanganan kasus Covid-19 pun langsung dijawab Mohammad Idris. Di antaranya keterbatasan ruang ICU Rumah Sakit dan alat tes Swab PCR (polymerase chain reaction) dan PCM.

"Kami (Kota Depok) ada 19 rumah sakit yang menangani Covid-19 di Kota Depok. Saat ini kami kekurangan alat test Swab PCR dan PCM," tuturnya.

Idris mengatakan beberapa waktu lalu pihaknya sudah mendapatkan tambahan alat test tersebut, namun untuk saat ini telah habis digunakan.

"Alat swab di labkesda ada 2 alat PCR dan PCM. PCR ada kekurangan, tapi ada tambhan sudah habis. PCM di labkesda juga habis. Di beberapa rumah sakit juga sudah habis, kami mohon bantuan," jelasnya.

Sementara untuk permasalahan di RSUD Depok, Idris menuturkan saat ini ada kendala di sktor tenaga kesehatan untuk merawat pasien Covid-19. Selain adanya tenaga lesehatan yang terpapar, nantinya akan ada penbahan dua lantai di RSUD untuk ruang isolasi pasien Covid -19.

"Nanti RSUD juga akan tambah ruang isolasi lantai 7 dan 8 butuh, tambah tenaga kesehatan karena ada yang terpapar juga, seperti itu masalahnya," imbunya.

Baca Juga: 34 Daerah di Indonesia Keluar dari Zona Merah Covid-19

Lalu Ridwan Kamil meminta kepada dinas terkait mencatat semua kebutuhan Kota Depok, laporannya paling lama besok. Sebab Pemprov Jabar lusa akan mengikuti rapat bersama Pemerintah Pusat, sekaligus menyerahkan kebutuhan penanganan Covid-19 di seluruh wilayah di Jawa Barat.

"Lusa saya akan rapat dengan Pak Luhut (Menko Maritim) untuk memberikan data kebutuhan yang diperlukan di wilayah Jawa Barat," tandas Kang Emil.

Baca Juga: Tangsel di Ambang Zona Merah Covid-19, Dilema Airin Beri Pelonggaran atau Chaos

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini