Mengenang Sosok Bang Ipul, Mantan Guru yang Jadi Sekda DKI di Empat Gubernur

Fahmi Firdaus , Okezone · Rabu 16 September 2020 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 338 2278672 mengenang-sosok-bang-ipul-mantan-guru-yang-jadi-sekda-dki-di-empat-gubernur-iVOismToC7.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Saefullah, tutup usia karena positif virus corona (Covid-19). Pria yang akrab disapa bang Ipul ini meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (16/9/2020).

Adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengabari berita duka cita tersebut.

Innalillahi wa inna ilaihi roojiun..Saudara kita, sahabat baik kita, pribadi shaleh yang amat baik itu yang selama ini bekerja bersama kita telah dipanggil pulang ke rahmatullah. Bapak Saefullah wafat pukul 12.55 di RSPAD-GS ,”ujar Gubernur DKI Anies Baswedan dalam pesan singkatnya yang diterima Okezone," Rabu (16/9/2020).

(Baca juga: Sekda DKI Saefullah Meninggal Dunia karena Covid-19)

Di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, Saefullah bukanlah orang baru. Ia pernah menjabat sejumlah posisi strategis di lingkungan Pemprov DKI. Saefullah bahkan didapuk sebagai sekretaris daerah (sekda) dari empat gubernur berbeda dari Jokowi sampai Anies Baswedan.

Dilansir dari beragam sumber, pria kelahiran, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, 56 tahun silam ini pernah menjabat Wali Kota Jakarta Pusat dari tahun 2008 hingga 2014.

Namun sebelum menjadi pejabat, Saefullah mengawali karir sebagai pegawai biasa dengan golongan 2A dan mendaftar dengan ijazah SMA tahun 1984 dan langsung menjadi guru.

Setelah itu, dia menyelesaikan pendidikan SI tahun 1988 di IKIP Muhammadiyah Jakarta, S2 di Universitas Negeri Jakarta dan melanjutkan S3 tahun 2009 di Universitas Padjajaran Bandung.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menunjuk Asisten Perekonomian dan Keuangan Daerah DKI Jakarta, Sri Haryati sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta. Pejabat Definitif Sekda DKI Jakarta, Saefullah, masih dirawat intensif setelah positif Covid-19.

Penunjukan Sri sebagai Plh Sekda DKI Jakarta diputuskan dalam Surat perintah tugas bernomor 340/-082.74. Dalam surat tersebut, Sri menjabat sebagai Plh sejak 14 September hingga Pejabat Definitif bisa kembali bertugas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini