Bang Ipul, Jabat Sekda DKI di Bawah Kepemimpinan 4 Gubernur

Bima Setiyadi, Koran SI · Rabu 16 September 2020 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 338 2278676 bang-ipul-jabat-sekda-dki-di-bawah-kepemimpinan-4-gubernur-zOsVwD4K9F.jpg Sekda DKI Jakarta, Saefullah (foto: Sindo)

JAKARTA - Almarhum Saefullah telah menjabat Sekertaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta selama empat kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta yang berbeda. Saat menjabat Walikota Jakarta Pusat, Gubernur DKI Joko Widodo pada Juli 2014 mengangkat Saefullah menjadi Sekertaris Daerah menggantikan Fadjar Pandjaitan.

Pria kelahiran 1964 itu tetap bertahan menjadi Sekda meski Jokowi menjabat presiden pada 2014, dan kepemimpinan Gubernur digantikan oleh Basuki Tjahja Purnama (Ahok). Pada 2017 atau jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), kepemimpinan Gubernur Ahok digantikan Djarot Saiful hidayat dan Sekda tetap dijabat oleh Saefullah.

Baca juga: Sekda DKI Saefullah Meninggal Dunia karena Covid-19

Baca juga: Sekda Saefullah Wafat karena Covid-19, Anies: Beliau Pribadi yang Sholeh dan Baik 

Bahkan, pada kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Saefullah pun tidak tergantikan meski sudah menjabat lebih dari enam tahun melebihi masa aktif Sekda DKI Jakarta.

Dr. H. Saefullah, S.Pd., M.Pd. lebih dikenal dengan nama Bang Ipul, lahir di Sungai Kendal, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, 11 Februari 1964. Sebelum menjabat Sekda, Saefullah menjabat sebagai Wali Kota Jakarta Pusat periode 2008—2014.

Diketahui sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta kembali berduka. Sekertaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah dikabarkan telah meninggal dunia pasca menjalani perawatan intensif akibat terpapar Covid-19.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi DKI Jakarta, Andri Yansyah membenarkan kabar tersebut. Almarhum meninggal pukul 12.55 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto.

"Iya benar, Saudara kita, sahabat baik kita, pribadi shaleh yang amat baik itu yang selama ini bekerja bersama kita telah dipanggil pulang ke rahmatullah," kata Andri Yansyah Saat dihubungi, Rabu (16/9/2020).

Sebelumnya, Pada Selasa sore (15/9), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga melalui pesan berantai meminta kepada seluruh jajarannya untuk mendoakan kesembuhan Saefullah, yang positif terpapar virus Corona atau Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini