Empat Tahanan Lapas Bulak Kapal Bekasi Positif Covid-19

Abdullah M Surjaya, Koran SI · Kamis 17 September 2020 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 338 2279182 empat-tahanan-lapas-bulak-kapal-bekasi-positif-covid-19-nKnjUQAPSo.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

BEKASI - Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bekasi mengkomfirmasi empat tahanan Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Bulak Kapal, Bekasi terpapar Covid-19. Hal itu diketahui setelah petugas melakukan tes terhadap ratusan tahanan yang berada di wilayah Kecamatan Bekasi Timur tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati mengatakan, dari ratusan orang tahanan Lapas Bulak Kapal yang mengikuti kegiatan pengecekan corona, sekitar empat orang terpapar Covid-19.

"Hasil itu keluar, setelah satgas melakukan tes swab terhadap para tahanan itu," katanya.

Menurut dia, total tahanan yang telah diperiksa sebanyak 250 orang sejak beberapa waktu lalu. Dari total jumlah yang diperiksa, empat diantaranya dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan pemeriksaan melalui metode Swab.

"Rencananya dirujuk ke RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur," ujarnya.

Tanti menjelaskan, empat tahanan yang positif Covid-19 tersebut tengah melangsungkan proses peradilan di Kejaksaan Negeri Bekasi, dan sempat dititipkan di Lapas Kelas IIA Bulak Kapal Bekasi.

"Kita masih terus lacak keberadaan Covid-19 di Lapas Bulak Kapal, Bekasi Timur," ungkapnya.

Pihaknya telah beberapa kali melakukan pemeriksaan terhadap tahanan di Lapas, lantaran Lapas sudah melebihi kapasitas. Pemeriksaan biasanya diminta oleh pihak kepolisian untuk dilakukan terhadap tahanan yang dititipkan. Pemeriksaan dalam jumlah besar biasanya dilakukan langsung di lokasi Lapas.

"Karena disana sudah penuh, sempat kita 200 (tahanan yang diperiksa), ada yang langsung disana (Lapas), ada juga yang kesini (posko Satgas),” imbuhnya.

Untuk itu, pemerintah daerah juga meminta intansi vertikal untuk terus menerapkan protokol kesehatan guna menekan angka penyebaran Covid-19.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini