Denda Rp250 Ribu "Intai" Warga Bekasi yang Tak Pakai Masker

Wisnu Yusep, Okezone · Kamis 17 September 2020 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 338 2279256 denda-rp250-ribu-intai-warga-bekasi-yang-tak-pakai-masker-ZxUXWGtPKB.jpg Razia yustisi di Kota Bekasi (Foto: Okezone/Wisnu)

BEKASI – Petugas gabungan yang terdiri dari Polres Metro Bekasi Kota, Kodim 05/07 dan Kejaksaan Negeri Bekasi Kota menggelar oeprasi yustisi terkait penerapan protokol kesehatan di sejumlah titik.

Salah satu titik yang menjadi perhatian petugas yakni di Terminal Induk Kota Bekasi. Dalam operasi itu, petugas gabungan hanya memberikan teguran terhadap 6 orang pelanggar protokol kesehatan, sepeti tidak menggunakan masker.

"Pelanggar yang tidak memakai masker (untuk saat ini) hanya diberikan teguran, dan diberi masker," kata Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Alfian Nurrizal kepada wartawan, Kamis (17/9/2020).

Kedepan, kata dia, bila warga Kota Bekasi kedapatan tidak menerapkan protokol kesehatan akan diberikan sanksi tegas berupa denda Rp250 ribu.

"Apabila (kedapatan) melanggar kembali dikenakan biaya Rp250. Untuk saat ini hanya diberikan surat teguran," kata Alfian.

Terkait dengan kegiatan gabungan ini, lanjut Alfian tak lain adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mencegah penyebaran virus coron atau Covid-19, yang belakangan ini kembali meningkat.

"Makak dari itu, kami melaksanakan kegiatan ini bersama instansi untuk melakukan operasi yustisi, karena kita ketahui untuk tidak menggunakan masker atau tidak sesuai dalam menjalankan PSBB," ungkap Alfian.

Dalam operasi yustisi ini, kata Alfian, pihaknya masih mendapati warga atau masyarakat Kota Bekasi masih ada yang belum sadar menerapkan protokol kesehatan. Karena itu, pihaknya akan membagi tiga kategori sanksi, yakni ringan, sedang dan berat.

"Kita akan tanyakan dulu, ya memang kita ketahui masyarakat tidak menggunakan masker dikarenakan lalai atau lupa," ujar Alfian.

Sementara, salah satu warga Kota Bekasi Mansur (43) yang kedapatan melanggar prokes mengaku lupa menggunakan masker.

"Iya ketinggalan, lupa masker saya gak bawa," kata Mansur.

Untuk saat ini, diakui Mansur, dirinya hanya diberi teguran. Bila nanti dirinya kedapatan kembali melanggar, maka akan diberikan sanksi berupa uang.

"Kalau enggak (pakai masker) nanti didenda uang Rp250," beber warga Rawa Semut, Bekasi Timur ini.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini