Depok Akan Uji Coba Tilang Elektronik di Jalan Margonda Pekan Depan

Wahyu Muntinanto, Okezone · Jum'at 18 September 2020 20:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 18 338 2280161 depok-akan-uji-coba-tilang-elektronik-di-jalan-margonda-pekan-depan-kQ1fsArnZt.jpg Jalan Margonda Raya. (Foto : Sindonews/Ratna Purnama)

DEPOK – Wacana penerapan elektronik tilang (ETLE/electronic traffic law enforcement) akan segera lakukan di Jalan Margonda, Kota Depok, Jawa Barat. Sebab, kamera ETLE untuk memantau kendaraan yang melintas sudah dipasang di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) tepat di depan Balai Kota Depok.

Kasatlantas Polres Metro Depok, Kompol Erwin Aras Genda mengatakan, meskipun sudah terpasang, peraturan tersebut belum efektif dan pekan depan ETLE baru diuji coba.

"Pemasangan kamera rencananya digunakan untuk perekaman pelanggaran lalu lintas. Sekarang sedang tahap pemasangan kamera dan prosesnya sudah 95 persen," kata Erwin saat dihubungi Okezone.com, Jumat (18/9/2020).

Nantinya sebelum diterapkan, peraturan itu terlebih dahulu disosialisasikan ke masyarakat dan pengguna jalan roda empat maupun roda dua. Menurut Erwin keberadaan ETLE bisa menurunkan angka kecelakaan lalu lintas (zero accident) lantaran arus lalu lintas dan aktivitas kendaraan yang melintas bisa terpantau dalam waktu 24 jam.

Baca Juga : Pemkot Depok Longgarkan Kebijakan Jam Malam

"Kami rencananya akan pasang kamera ETLE di dua titik dan akan dilanjutkan pada tahun mendatang," tuturnya.

Baca Juga : Polres Depok Bakal Terapkan Tilang Elektronik di Jalan Margonda

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini